Honda Luncurkan Tiga Motor CB Berdesain Retro Modern

Tiga anggota keluarga baru Honda CB diperkenalkan.
Sumber :
  • Honda

VIVA – Baru-baru ini Honda menampilkan satu motor konsep dengan model retro modern, Neo Sport Concept (NSC) di ajang Tokyo Motor Show 2017. Namun, hanya berselang beberapa pekan, versi produksinya sudah ditampilkan di pagelaran EICMA, Milan 2017, yang tengah digelar saat ini di Italia.

Asyik, Beli Honda CB150X Dapat Promo Menarik

Pada versi konsep, NSC ditampilkan pada model Honda CB1000R. Menariknya pabrikan berlogo sayap mengepak itu tak hanya menghadirkan satu model, tetapi tiga model sekaligus yang sama-sama beraura retro modern. Selain CB1000R, dua model lain yang dirilis yakni CB300R dan CB125R.

Jika mencermati dengan seksama, ketiganya punya bahasa desain yang senada, meski secara detail komponen pasti berbeda satu sama lain. Honda juga menyematkan satu huruf 'R' di belakang nama ketiganya.

Honda Luncurkan Motor Matik Baru di Indonesia

CB1000R

Honda CB1000R.

Sensasi Seru Keliling Lombok Pakai Honda ADV150

Honda CB1000R terlihat berbeda dari model 'RR'. Motor ini mengikuti bahasa desain 'Neo Sports Cafe'. Motor tersebut jauh lebih kompak dengan siluet trapezoid. Sistem pencahayaannya sudah mengusung all-LED, dan instrument cluster-nya sudah digital dan multifungsi.

CB1000R memiliki bingkai baja mono-backbone. Duduk di atas bingkai adalah mesin DOHC empat-silinder berkapasitas 998cc dengan pendingin cair. Mesin itu dapat memproduksi tenaga 145,4 PS pada 10.500 rpm, dan torsi 104 Nm pada 8.250 rpm. Mesin kemudian dikawinkan dengan transmisi enam-kecepatan.

Ada tiga mode berkendara, standar, hujan, dan sport. Semua tinggal disesuaikan dengan kemauan biker. Selain itu, CB1000R dibekali knalpot ganda yang berotot. Sementara bagian kaki-kaki mengandalkan suspensi upside down Showa SFF-BP di depan dan monoshock Showa BRFC (Balance Free Rear Cushion) di belakang. 

Pelek yang digunakan berukuran 17 inci dengan dibalut ban ukuran 120 pada depan dan 190 di belakang. Pengereman dijejali cakram ganda 310 mm di depan dengan kaliper radial dan cakram tunggal 256 mm di belakang. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 16,2 liter.

Selanjutnya >>> CB300R dan Cb125R

CB300R

Honda CB300R.

Honda CB300R mengikuti bahasa desain kakaknya, CB1000R. Lampu depannya bundar, dan tangki bahan bakar berotot. Pada bagian ekor tampak gemuk serta memberi kesan minimalis retro.

Fitur seperti sistem pencahayaan juga sudah LED. Motor ini sengaja dihadirkan Honda untuk menarik kalangan muda yang ingin melakukan 'upgrade' dari mesin 125 cc atau 150 cc.

Mesin yang dipercayakan adalah unit silinder tunggal DOHC dengan pendingin cair dan injeksi. Mesin itu dapat menghasilkan tenaga 31 PS pada 8.500 rpm, dan torsi 27,5 Nm pada 7.500 rpm. Mesin bekerja bersama dengan transmisi enam kecepatan. 

Menariknya, Honda telah merancang agar mesin ini irit bahan bakar, yakni 30,2 kilometer per liter. CBR300R 2018 juga diklaim minim perawatan.

Pada sektor pengereman, Honda telah memberkati motor ini dengan ABS twin channel. Untuk suspensi, motor ini sudah mengadopsi suspensi upside down 41 mm, dan monoshock dengan lima pengaturan di belakang. Tinggi joknya 799 mm dan bobot motornya mencapai 143 kg.

CB125R

Honda CB125R.

Terakhir yakni Honda CB125R. Motor ini lebih mirip dengan CB150 ExMotion yang dijual di Thailand. Tetapi beberapa detailnya berbeda.

Mesinnya mengadopsi satu silinder. Sepeda motor ini juga dilengkapi dengan bahasa desain Neo Sports Cafe. Di mana kuda besi bergaya naked ini memang menyasar konsumen yang sadar gaya di jalanan.

Konsol instrumennya LCD, dan memberi informasi mengenai kecepatan, putaran mesin, tingkat bahan bakar dan posisi gigi, dengan lampu peringatan tersusun di bagian atas.

Rangka dibekali bingkai 'diamond' ringan terbuat dari baja berbentuk tabung dengan swingarm baja. Di atas sasis ada mesin SOHC silinder 125cc tunggal dengan injeksi bahan bakar dan pendinginan cair. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 13,3 PS pada 10.000 rpm dan torsi 10 Nm pada 8.000 rpm. Mesin lalu disandingkan dengan transmisi enam-kecepatan.

Suspensi depan sudah upside down 41 mm dan monoshock di belakang. Rem di kedua roda sudah cakram dan dibekali ABS. Pelek yang digunakan alloy berdiameter 17 inci. Ban depan ukuran 110 dan belakang 150.

CB125R dilengkapi dengan tangki bahan bakar 10 liter, dan dengan konsumsi bahan bakar irit, yakni 48,4 kilometer per liter. CB125R dapat menempuh jarak lebih dari 480 km jika tangki dalam keadaan penuh. Bobot motornya 126 kg, dan joknya setinggi 819 mm. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya