Adu Hebat Motor Robot Honda Vs Yamaha, Mana Paling Canggih?

Yamaha Motoroid Concept.
Sumber :
  • Yamaha

VIVA – Belakangan ini industri otomotif terus mengembangkan produknya dengan pendekatan pada Artificial Intelegent (AI), alias kecerdasan buatan. Lakon ini penting bagi mereka untuk menjaga relevansi di pasar otomotif, sekaligus upaya agar tetap menjadi pilihan menarik bagi konsumen serta melanggengkan bisnisnya.

Kymco Pamer Motor Konsep Bergaya Radikal, Intip Bocoran Speknya

Tokyo Motor Show 2017 menjadi ajang pembuktian dua seteru abadi Honda dan Yamaha. Kedua jenama asal Jepang itu masing-masing memamerkan teknologi motor pintar yang terinspirasi dari robot. Dua motor itu bahkan tak bisa jatuh, dan bisa jalan sendiri. Mengerikan bukan?

Ya, Honda Motor membekali motor canggihnya dengan sistem self-balancing. Motor yang hingga kini masih terus dalam tahap pengembangan itu digadang-gadang sebagai contoh sebuah sepeda motor di masa depan.

Motor Baru Honda Meluncur Besok, Mesinnya Bikin Yamaha Gerah

Seperti dilansir Asphaltandrubber, Honda menyebut teknologi anyar yang dibenamkan pada motor itu adalah Honda Riding Assist-e. Teknologi itu memungkinkan motor dapat berjalan sendiri dan berdiri tegak tanpa bisa jatuh. Padahal tak ada penyangga, baik itu kaki maupun standar sepeda motor.

Sistem keseimbangan motor Honda

Bocoran Honda CBR250RR 4 Silinder, Siap Jegal Kawasaki ZX-25R

Honda Riding Assist-e. Foto: Nikkei

Big Red memang tak menyebut secara terperinci, kapan teknologi itu akan mulai siap diterapkan pada motor-motornya. Namun langkah perusahaan berlogo sayap mengepak itu untuk memamerkan teknologi kontrol penyeimbang cukup diapresiasi banyak pihak.

Sesuai embel-embel "e" di nama itu, dipastikan motor yang bakal dipamerkan menggunakan teknologi demikian berpenggerak listrik.

Motor bakal tegak lurus tanpa jatuh dengan hanya menggerakkan roda depan sebagai penyeimbang. Ini tentu tidak berbeda dengan konsep Honda Riding Assist yang dipamerkan awal tahun ini.

Motor Honda yang dapat berdiri tegak bakal dipamerkan di Tokyo Motor Show.

Honda Riding Assist-e. Foto: Asphaltandrubber

Yang menarik bukan saja tentang motornya, namun teknologinya, bagaimana Honda bisa mengaplikasikannya pada sebuah sepeda motor hingga tak bisa jatuh dan seimbang.

"Teknologi ini akan membuat orang lebih menikmati mengendarai sepeda motor," kata Makoto Araki seorang insinyur di Motorcycle R&D Center, Honda.

Selanjutnya >>> Bagaimana motor Yamaha?

Dijejali kecerdasan buatan

Serupa dengan Honda, Yamaha juga melakukan hal sama. Mereka punya motor konsep terinspirasi robot dengan nama Motoroid. Motor ini dibekali AI serta teknologi jangka panjang.

Untuk penerapan kecerdasan buatan pada sepeda motor, Yamaha berencana menggunakan AI untuk menafsirkan sinyal dan tindakan pengendara, guna mengendalikan platform sepeda motor.

Artinya, seseorang dapat memperkirakan bagaimana AI dapat mulai mempelajari kebutuhan pengendara di jalan, bahkan hingga parkir. Dalam sebuah video resmi yang diunggah Yamaha, digambarkan terdapat beberapa fitur dari konsep Motoroid, seperti self-balancing actuation, electric drivetrain, dan haptic feedback systems.

Yamaha Motoroids.Yamaha Motoroid. Foto: Paultan

Teknologi self-balancing benar-benar sangat diperhatikan Yamaha. Ini disebut Active Mass Center Control System (AMCES), dan tidak seperti unit Honda yang menggerakkan roda depan motor untuk menyeimbangkannya. Sementara AMCES menggunakan roda belakang dan sasis untuk menjaga agar motor tetap pada keseimbangan.

Motor ini dibekali desain sasis yang unik, dan Yamaha menggunakan baterai lithium-ion di Motoroid sebagai pengimbangnya. Lalu, mana yang paling keren menurut kalian? (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya