Mulai Dilupakan, Ternyata Pelek Jari-jari Punya Kelebihan

Pelek motor model jari-jari.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Salah satu bagian sepeda motor yang berperan penting untuk kenyamanan saat berkendara adalah pelek. Sebab, pelek merupakan tempat menempelnya ban agar dapat optimal ketika berputar pada porosnya.

Cara Mudah Mencegah Rantai Motor Lepas atau Cepat Putus

Terdapat dua jenis pelek yang dikenal saat ini yakni pelek racing atau casting wheel dan pelek jari-jari atau spoke wheel. Saat ini motor lebih banyak dijejali pelek racing dibandingkan pelek jari-jari oleh sejumlah pabrikan otomotif.

Lalu apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan pelek jari-jari? Menurut teknisi Superban, Ali, pelek jari-jari masih menjadi pilihan sebagian pengguna karena perawatan hingga perbaikan yang dinilai lebih mudah dibandingkan pelek racing.

Motor Lama Tidak Dipakai Harus Cabut Aki? Ini Jawabannya

"Pelek jari-jari gampang untuk perawatan, kalau roda dirasa ada yang tidak beres atau speleng tinggal disetel dan pelek ini juga tidak rentan mengalami kerusakan alias bisa diperbaiki dengan mudah," katanya kepada VIVA.co.id.

Berbeda dengan pelek racing yang lebih sulit dalam perbaikannya. Misalnya bisa pun tentu tak kembali normal. Meski memiliki keunggulan, Ali juga menjelaskan bila pelek jari-jari memiliki kekurangan. Salah satunya sulit dibersihkan dan tidak dapat menggunakan ban tubeless.

Transmisi Skuter Matik Getar, Coba Cek Dulu Komponen Ini

"Kelemahan, pelek jari-jari lebih sulit dibersihkan, karena saat membersihkannya kita harus satu per satu jari-jari. Tak hanya itu, pelek jari-jari tidak bisa menggunakan ban tubeless," ujar Ali.

Berkendara motor di musim hujan

6 Cara Mudah Merawat Motor saat Musim Hujan

Saat memasuki musim hujan seperti ini merawat motor menjadi lebih penting dan harus bisa mencegah agar tetap dalam kondisi prima.

img_title
VIVA.co.id
1 Oktober 2021