Rossi Balapan MotoGP Pakai Onderdil Seharga Rp1 Jutaan

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi.
Sumber :
  • twitter.com/ValeYellow46

VIVA – Ajang balap bergengsi seperti MotoGP dan Fomula 1 bukan olahraga yang murah. Dana yang dihabiskan untuk satu kendaraan bisa mencapai ratusan miliar rupiah.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Seperti motor yang ditunggangi Valentino Rossi. Yamaha YZR-M1 yang ia kendarai menghabiskan biaya kurang lebih US$2 juta atau sekitar Rp27 miliar untuk proses pembuatannya. Biaya tersebut belum termasuk dana yang dibutuhkan untuk riset dan pengembangan.

Namun ternyata, di balik mahalnya biaya motor Rossi, ada satu komponen yang harganya tidak mahal. Dilansir dari Motorcycle, Senin 4 Desember 2017, komponen yang dimaksud adalah rantai.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Menurut buku MotoGP Technology karya Neil Spalding, Rossi biasa memakai rantai DID ERV3. Rantai ini umumnya dipasang pada motor gede berkapasitas mesin 600 cc ke atas.

Berbeda dengan rantai motor pada umumnya, DID ERV3 menggunakan teknologi X-Ring. Artinya, tidak dibutuhkan pelumas khusus agar rantai ini bisa bekerja dengan sempurna.

Namun, rantai tersebut hanya bisa dipakai sejauh 500 kilometer saja. Jika dipaksakan lebih dari itu, maka kualitasnya akan turun dan berbahaya untuk pengendara.

Berdasarkan laman jual beli Amazon, rantai DID ERV3 dijual dengan harga US$140, atau setara dengan Rp1,8 juta. Jadi, bisa dikatakan bahwa rantai ini adalah komponen yang paling murah di motor MotoGP.

Duel Pedro Acosta dan Marc Marquez

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Rookie MotoGP, Pedro Acosta menjadi salah satu pembalap yang mencolok dan berhasil mengalahkan Marc Marquez di beberapa seri awal musim ini. Marquez akui Acosta hebat.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024