Yamaha Masih Jualan Motor 2-Tak, Tenaganya Brutal

Yamaha 125ZR.
Sumber :
  • Yamaha

VIVA – Zaman dulu, penggemar sepeda motor diberikan dua pilihan konfigurasi mesin, dua dan empat tak (langkah). Motor dua tak memiliki keunggulan dalam hal akselerasi, sedangkan motor empat tak menang dari sisi emisi dan daya tahan.

Jangan Kaget, Harga Motor Suzuki Satria 2 Tak Bekas Tembus Segini

Beberapa motor dua tak yang dulu sempat populer yakni Yamaha RX-King, Yamaha F1ZR, Suzuki Satria 125, dan Kawasaki Ninja.

Kini, semua motor-motor itu tidak lagi tersedia dalam kondisi baru. Sebab, pemerintah mewajibkan pabrikan motor untuk membuat mesin dengan konfigurasi empat tak.

Motor Sport Semakin Tersingkir, Yamaha Belum Menyerah

Namun, aturan di Malaysia berbeda. Diler Yamaha di Negeri Jiran itu masih menjual motor bermesin dua tak, yakni 125ZR.

Motor ini hadir dalam bentuk moped atau motor bebek. Desainnya masih sama seperti motor bebek pada umumnya. Sistem pengereman belakang sudah menganut model cakram, sama seperti rem depan.

Yamaha Indonesia Hadirkan Motor Baru Rp27 Jutaan

Dilansir dari laman resmi Yamaha Malaysia, Rabu 6 Desember 2017, 125ZR mengusung mesin satu silinder berkapasitas 125 cc. Sistem pengabutannya masih menggunakan karburator dan kompresi mesin hanya 6,5:1.

Dengan angka kompresi tersebut, motor ini masih bisa diisi dengan bahan bakar bensin RON 88. Untuk mengatasi emisinya, Yamaha melengkapi motor ini dengan knalpot yang sudah ditambahkan catalytic converter.

Fitur yang biasanya ada di mobil ini mampu menyaring emisi berbahaya hasil pembakaran hingga 50 persen.

Meski demikian, performa yang dihasilkan masih cukup ‘galak’. Mesin mampu memuntahkan tenaga 17 daya kuda, sementara torsinya mencapai 16,1 Newton meter. Angka torsinya lebih besar dari Yamaha R15 yang tercatat hanya 14,7 Nm.  (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya