Rival Kawasaki Ninja Meluncur, Harga Nyaris Setengahnya

TVS Apache RR310.
Sumber :
  • Motoroids

VIVA – TVS akhirnya resmi meluncurkan motor baru mereka yang masuk dalam segmen sport, Apache RR 310. Motor ini sudah dinanti-nanti para pencinta otomotif di India, karena memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Pas Banget, Motor Ninja Jatuh Depan Bengkel Kawasaki

Dilansir dari Motoroids, Kamis 7 Desember 2017, peluncuran dilakukan di Chennai, India. Motor ini hadir dalam dua warna yang memikat, merah menyala dan hitam legam.

Apache RR 310 memiliki kemiripan dengan BMW G310R. Hal ini tidak mengherankan, sebab G310R dirakit di pabrik yang sama dengan RR 310. Namun, seluruh proses desain bodi dan fitur digarap langsung oleh TVS.

Siap Goda Kaum Tajir, Kawasaki Ninja Bertenaga Buas Hadir 2022

Sementara, BMW hanya menyumbangkan teknologi mesin satu silinder berkapasitas 313 cc, yang posisi pistonnya dibuat agak miring ke belakang untuk menunjang kestabilan motor.

Desain piston juga memungkinkan TVS untuk memasang lengan ayun yang lebih panjang. Selain itu, sirkulasi udara menjadi lebih baik, sehingga pendinginan mesin bisa optimal.

Begini Tampang Prototipe Motor Kawasaki Ninja Hybrid

Mesin yang persis sama dengan G310R ini mampu menghasilkan tenaga 34 daya kuda dan torsi 28 Newton meter. Akselerasi dari diam hingga kecepatan 100 kilometer per jam diklaim 2,9 detik, sebelum mencapai kecepatan puncak 160 km per jam.

Kedua suspensi menggunakan produk Kayaba. Bagian depan sudah menganut model upside-down, sedangkan belakang monoshock. Pengereman anti-lock braking system atau ABS diserahkan pada produk Bybre, divisi dari Brembo.

Motor ini dijual dengan harga 205 ribu Rupee, atau sekitar Rp43 juta. Harga ini jelas jauh lebih murah dari Kawasaki Ninja 300 yang menjadi pesaingnya, yakni selisih Rp32 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya