Motor Dipakai ke Luar Kota, Ini Komponen Rawan Rusak

Servis gratis pedul banjir Astra Honda Motor
Sumber :
  • Dokumentasi Astra Honda Motor

VIVA – Mengisi waktu libur akhir tahun dilakukan sebagian orang untuk bepergian ke luar kota. Tak jarang, masih banyak yang menggunakan sepeda motor untuk bepergian dengan alasan menghemat waktu, biaya dan menghindari kemacetan lalu lintas.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Bagi masyarakat yang memanfaatkan liburan akhir tahun dengan mengendarai sepeda motor, ada baiknya lakukan pemeriksaan setelah digunakan. Tujuannya, agar kinerja komponen roda dua tetap optimal.

Technic Analyst Service Astra Motor Jakarta, Jalan Dewi Sartika, Rangga Noviar mengatakan, pemeriksaan komponen motor yang harus dicek, yakni oli mesin. “Oli mesin dan oli gear yang untuk motor matik harus dicek. Oli akan bekerja lebih ekstra ketika motor menempuh jarak yang lebih jauh, pastikan kapasitas dan kualitas oli tetap sesuai dengan spesifikasi," kata Rangga kepada VIVA di Jakarta, Rabu 3 Januari 2018.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kedua, yaitu pemeriksaan kampas rem. Saat motor diajak ke luar kota, terutama saat melintasi jalanan macet dan juga medan turunan dan tanjakan, kinerja rem bekerja maksimal. Sebab itu, harus dilakukan pemeriksaan."Kampas rem wajib diperiksa, setelah menempuh perjalanan jauh, keausan bisa dilihat dari indikator ketebalan kampas remnya," tambahnya.

Tak hanya itu, ban yang memiliki peran penting pada kendaraan juga wajib dilakukan pengecekan. Pastikan tekanan angin ban diperiksa kembali sesuai spesifikasi, atau jika diperlukan ganti ban jika ketebalannya sudah kurang dari standar.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Selain itu, pastikan pula untuk mengecek setiap komponen yang bergerak yang membutuhkan pelumasan seperti setang kemudi, bearing, shockbreaker, drive belt, rantai roda. Lakukan pemeriksaan di bengkel resmi untuk memastikan kinerja komponen itu masih dalam kondisi optimal," kata dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022