Ini Rasanya Ngebut Pakai Yamaha MT-25

Yamaha MT-25
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA.co.id - 10 hari yang lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan 'adik' dari motor tipe sport andalan mereka, R25, yakni MT-25.

Menaklukkan Himalaya dengan Motor Royal Enfield

Sebelum resmi meluncur, MT-25 banyak sekali mendapat perhatian media, yang datang tidak hanya dari dalam, namun juga luar negeri.

Hari ini, Selasa 16 Juni 2015, VIVA.co.id mendapat kesempatan menjajal kemampuan motor yang dibanderol dengan harga Rp46 juta on-the-road Jakarta ini. Karena waktu yang disediakan YIMM sangat terbatas, pengujian dibagi menjadi beberapa tahap.

Toyota Calya Bisa Dijajal di GIIAS

Untuk tahap pertama, motor bermesin dua silinder dan berkapasitas 250cc ini diuji melintasi jalur perkotaan yang sedikit padat. Sesuai klaim Yamaha, MT-25 memang unggul untuk diajak selap-selip di antara kemacetan.

Konsep yang diusung motor ini adalah naked bike, di mana bagian mesin bisa dilihat dengan jelas. Yamaha rupanya juga memikirkan soal estetika, karena tampilan mesin dirancang serapi mungkin, sehingga nyaman dipandang.

Yamaha Siap Lahirkan Motor Murah Pengganti RX100

Meski bobotnya hanya satu kilogram lebih ringan ketimbang R25, namun karakter motor ini jauh lebih lincah. Saat diajak menikung di lintasan yang banyak tikungan, motor dapat dengan mudah diarahkan sesuai keinginan pengendara.

Dengan tenaga sebesar 35,5 daya kuda dan torsi 22,6 Newton meter, akselerasi MT-25 terasa kurang lebih sama seperti 'kakaknya'. Jika angka tersebut dikonversi menjadi perbandingan antara tenaga dan bobot motor, MT-25 mencatat angka sebesar 0,09 daya kuda per satu kilogram.

Salah satu yang membuat MT-25 unggul untuk jalanan perkotaan adalah penggunaan setang model lawas yang sisi kiri-kanannya menyambung, tidak seperti R25 yang memakai model setang jepit. Alhasil, bobot tubuh pengendara tidak terlalu bertumpu pada setang, sehingga lengan tidak cepat lelah.

Nantikan hasil uji coba yang lebih lengkap, yang akan mengulas mengenai konsumsi bahan bakar, performa serta aspek-aspek lainnya, di VIVA.co.id. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya