Toilet SPBU Gratis atau Bayar, Ini Kata Pertamina

Toilet di SPBU.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sudah menjadi pengetahuan bersama jika Anda menggunakan toilet umum di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berlogo Pertamina, terdapat kotak uang di depan pintu masuk. Bahkan, ada beberapa SPBU yang sampai memiliki penjaga di depan toilet dengan berpakaian layaknya karyawan SPBU.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Biasanya penjaga toilet itu memegang uang receh yang posisinya berdekatan dengan kotak uang tersebut. Tujuannya jelas, hanya untuk meminta uang ketika Anda keluar dari toilet. Fenomena ini memang kerap ditemui di SPBU milik swasta atau yang lebih dikenal CODO.

Group Head Communications PT Pertamina Retail, Yoesoef A.S, mengatakan, untuk SPBU COCO milik Pertamina region 3 dan 4 sebetulnya tidak berbayar. Seperti diketahui, MOR (Marketing Operation Region) III itu kode SPBU Jawa bagian barat, dan MOR IV untuk Jawa bagian tengah.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Di COCO sebetulnya tidak berbayar, hanya saja untuk peningkatan pelayanan dan kualitas fasilitas toilet dan musala, kami menempatkan orang untuk mengelola operasional kebersihan tanpa berbayar,” ujarnya kepada VIVA, Selasa 17 April 2018.

Kata dia, kotak yang ada di depan toilet SPBU COCO regional 3 dan 4 itu hanya bersifat sukarela tanpa ada paksaan. Tiap SPBU COCO juga ditegaskan dilarang untuk menuliskan permintaan tarif yang bertujuan mematok biaya setelah menggunakan toilet.  

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

“Dan penjaga toilet juga kami larang untuk meminta uang tarif masuk toilet,” jelasnya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022