3 Cara Cek ‘Kesehatan’ Aki Mobil, Ternyata Simpel Ya

Korosi pada aki mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Aki atau baterai menjadi salah satu sumber listrik utama pada mobil. Jika komponen ini bermasalah atau bahkan habis arus listriknya, maka mesin dan perangkat pada mobil bakal sulit dinyalakan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Dikutip dari laman Astraworld, Minggu, 17 Juni 2018, aki menjadi komponen vital pada mobil, dan jika bermasalah bukan tidak mungkin akan mengganggu rencana perjalanan Anda.

Ada tiga cara mudah yang sebenarnya bisa dilakukan pemilik mobil untuk mengetahui kondisi kesehatan aki kendaraannya. Apa saja?

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

1. Mesin susah hidup

Aki yang ngadat membuat bunyi 'cetak-cetek' saat kunci mobil diputar ke posisi start, bahkan pada kondisi terburuk tidak terdapat bunyi sama sekali saat kunci kontak mobil diputar. Pada kondisi aki normal, listrik dari aki akan mengalir ke dinamo starter mobil untuk membantu menyalakan mesin.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

2. Perhatikan lampu peringatan di dasbor

Saat memutar kunci kontak dalam kondisi normal, maka lampu-lampu indikator akan menyala. Sebaliknya, jika kondisi aki lemah, lampu indikator jadi redup atau bahkan mati.

3. Suara klakson melemah

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kondisi aki adalah dengan menekan klakson. Tekan dan tahan klakson, lalu putar kunci kontak ke posisi starter. Jika aki lemah, akan mengakibatkan suara klakson melemah bahkan tidak bersuara sama sekali.

Jika sudah melakukan ketiga hal tersebut, dapat dipastikan bahwa salah satu penyebab terbesar mobil ogah nyala karena baterai atau akinya sudah lemah. Agar mobil hidup, dapat dilakukan dengan cara memancing (jumper) aki yang lemah tadi untuk kondisi darurat.

Jika dengan cara jumper arus aki tidak berhasil, maka jalan terbaik adalah dengan mengganti aki dengan yang baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya