Pasang Sendiri Head Unit Mobil, Enggak Susak Kok

Ilustrasi sistem audio mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA – Saat membeli paket audio mobil, umumnya pemilik mobil menyerahkan proses pemasangan pada teknisi toko. Namun terkadang, teknisi bisa saja salah saat mengatur kabel-kabelnya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Alhasil, pemilik mobil harus bolak-balik ke toko untuk memperbaikinya. Jika lokasi dekat dengan rumah, hal itu tentu tidak masalah. Tapi bila jauh, maka akan merepotkan juga.

Sebenarnya, jika Anda mau mempelajari cara instalasi audio mobil, maka hal itu bisa ditangani sendiri. Dan untuk bisa tahu cara pemasangannya, tidak butuh waktu yang lama.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

“Memasang head unit itu gampang sebenarnya. Cuma ada kabel positif langsung ACC, ke aki dan kabel ground (negatif). Ada juga kabel speaker, dan semuanya berkaitan,” ujar Manager Begja Autotronics, Yanto kepada VIVA, Selasa 10 Juli 2018.

Ilustrasi audio mobil

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Jjika semuanya sudah terhubung, yang perlu diperhatikan adalah kabel yang menghubungkan ke speaker mobil. Jika pemasangan kabel speaker terbalik, suara yang dihasilkan tidak enak, dan tata suaranya juga tidak seimbang antara kiri dan kanan.

“Kalau kita enggak ngerti, pasang speaker sebelah kiri depan terlebih dahulu, terus pasang kanan depan, setelah itu masuk ke menu head unit,” tuturnya

Coba menyalakan musik dari head unit dengan mengatur balance dari speaker. Jika sebelah kiri terdengar, berarti benar. Jika suara yang dihasilkan speaker kiri masih kecil, berarti ada yang salah, karena tidak seimbang dengan speaker kanan.

“Kondisi kabel jangan sampai terbuka, untuk mencegah korsleting,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya