Bingung Parkir Paralel dengan Transmisi Wuling Cortez, Ini Caranya
- VIVA/Krisna Wicaksono
VIVA – Pasar mobil keluarga kelas menengah diramaikan oleh pendatang baru asal China, Wuling Cortez. Dirakit secara lokal di Cikarang, Jawa Barat, mobil tersebut ditawarkan dengan banderol cukup menggoda, yakni mulai dari Rp193,8 juta.
Mobil penantang Toyota Innova ini ditawarkan dalam dua versi mesin dan transmisi, yakni 1.500 cc dan 1.800 cc. Khusus untuk mesin 1.800 cc, ada transmisi manual dan otomatis. Sementara, mesin 1.500 cc hanya bersanding dengan transmisi manual saja.
Ada yang menarik pada transmisi otomatis Cortez. Saat VIVA mencoba mobil tersebut belum lama ini, tidak ada indikator P pada konsol, yang biasanya menandakan posisi tuas transmisi untuk parkir.
Saat pengemudi sudah memasukkan mobil dalam ruang parkir, yang perlu dilakukan hanya memindahkan tuas ke posisi N atau netral dan memutar kunci kontak ke posisi mati. Secara otomatis, rem parkir elektronik akan terpasang.
Lantas, bagaimana cara agar rem parkir tersebut tidak aktif, terutama saat mobil hendak diparkir secara paralel?
Ternyata caranya tidak rumit. Pengemudi hanya perlu menekan dan menahan tombol rem parkir yang ada di konsol tengah, sebelum memutar kunci kontak. Mesin mobil akan mati, namun roda tetap bisa bergulir saat mobil didorong.