Parfum dan Keringat Bikin Bagian Mobil Ini Cepat Rusak

Jok mobil.
Sumber :
  • viva.co.id/Dian Tami

VIVA – Untuk mempercantik interior mobil, bahan sintetis atau semi kulit kerap dipilih sebagai pelapis jok, panel pintu dan dasbor. Tapi, bahan semi kulit tersebut tampilannya akan berubah gelap atau kusam, jika sering terkena dua hal.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Hal itu disampaikan Manajer Digital Kreatif PT Polystar International MBtech, Edi Pamungkas. Dia mengatakan, bahan sintetis atau semi kulit bisa rusak karena sering terkena keringat dan parfum.

"Tapi, enggak semua keringat. Ada beberapa bagian tubuh yang keringatnya memiliki kandungan asam cukup tajam. Selain itu, bahan-bahan kimia juga merusak lapisan coating, seperti parfum dan cairan pembersih noda," ujarnya di Jakarta, Rabu 3 Oktober 2018.

Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil dengan Produk Rumahan

Dia menjelaskan, semua jenis kulit sintetis memiliki lapisan pelindung. Fungsinya untuk mencegah bahan retak dan kusam saat terkena paparan sinar matahari dan gesekan celana.

Membersihkan jok mobil.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Coating hilang itu ada prosesnya, dia menipis terlebih dahulu. Kalau sudah tipis, jadi menghitam. Makanya di pesawat atau bus kota, tepat di sandaran kepala dipasang sarung, agar tidak menempel keringat," tuturnya.

Kombinasi bahan kulit dan suede pada jok mobil.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022