Ban Motor Tidak Ada Garis Tengah dan Alurnya Terbalik, Ini Alasannya

Ban Michelin City Grip Pro.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA – Layaknya tampilan eksterior, desain kembang ban motor juga terus berubah mengikuti perkembangan zaman. Jika diperhatikan, saat ini cukup banyak ban yang tidak lagi memiliki kembang dengan garis di tengah.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Marketing Communications Department Head Planet Ban, Bagus Ardian mengatakan, ban yang memiliki garis tengah awalnya didesain untuk roda depan. Fungsi garis tersebut sebagai keseimbangan di jalan lurus, dan memecah air saat jalan basah.

Ia menjelaskan, di jalan yang basah, garis tengah ban depan berfungsi untuk membelah air, agar karet dapat tetap menapak sempurna.

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

Saat melalui jalan yang tergenang air atau basah, garis tengah akan mengarahkan air ke sisi kiri dan kanan. Kemudian, air tersebut dibuang oleh kembang yang ada di bagian sisi.

"Kenapa ban sekarang cenderung tidak ada jalur tengah, biasanya kembang kanan dan kiri alurnya sudah ketemu di tengah. Dengan begitu, memecah air pun tetap maksimal. Pabrikan punya cara sendiri untuk mendesain," ujarnya di Jakarta, Senin 14 Januari 2019.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Menurutnya, tidak ada masalah jika ban tidak memiliki garis di tengah. Produsen ban ternama seperti Pirelli dan Michelin, sudah melakukan itu pada produknya.

Bahkan, kembang ban dari kedua merek tersebut posisinya terbalik untuk roda depan, agar daya cengkeram dan saat pengereman tetap maksimal. (dhi)

Vespa matic di towing

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Radyan Mahandya Putra dari Scooter VIP kasih tips jika meninggalkan Vespa Matic di rumah saat mudik lebaran yang patut Anda lakukan.  Salah satunya isi bensin yang penuh.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024