Coating Cat Mobil Awet Tanpa Perawatan, Ini Kata Ahlinya

Aplikasi nano coating pada bodi mobil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – ?Coating menjadi teknologi masa kini, yang digunakan untuk melindungi bodi mobil. Biasanya, setelah aplikasi coating, bodi dipercaya tetap mulus dan mengilap, tanpa perlu perawatan.

Rahasia Menjaga Cat Mobil Kesayangan Tetap Kinclong dan Awet

Padaha,l meski harga coating yang diaplikasikan mencapai puluhan juta rupiah, tetap saja perlu perawatan. Hal tersebut disampaikan pemilik XTO Indonesia, Christopher Sebastian.

“Tanpa perawatan, obat coating Rp20 jutaan atau secanggih apapun, tidak akan bertahan lebih dari satu tahun. Saya jamin, tiga bulan pasti jelek,” ujarnya di Jakarta, Kamis 9 Mei 2019.

Strategi Industri Cat dan Pelapis Genjot Inovasi Keberlanjutan

Lantas, apa penyabab coating rusak?

Christopher mengatakan, biasanya coating bahan keramik atau safir butuh waktu satu pekan untuk kering maksimal. Jika belum terlalu kering, jangan dicuci menggunakan sampo, karena akan menurunkan kualitasnya.

Ada Inovasi Baru di Bidang Perawatan Kendaraan

“Kami selalu menyarankan, perawatan setiap enam bulan sekali selama tiga tahun, agar kualitas coating tetap bagus dan mengilap. Jangan sering parkir outdoor,” tuturnya.

Sambung dia, jangan pakai pengilap atau wax yang kandungan minyaknya tinggi, karena bahan kimianya bertolak belakang dengan coating.

“Kalau tidak terlalu kotor, cukup pakai air saat mencucinya, pakai sabun dengan tingkat keasaman maksimal tujuh,” katanya. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya