Setelah Digunakan Mudik, Begini Cara Bersihkan Bodi Mobil

Ilustrasi kendaraan pemudik.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/nz/18

VIVA – Setelah mobil menempuh perjalanan jauh saat mudik, berbagai macam kotoran menempel di bodi dan kaki-kaki. Agar tampilannya kembali mengkilap, mobil wajib dicuci sampai bersih.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun, untuk mencuci bagian luar mobil, ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Tujuannya agar bodi tidak timbul baret halus, karena salah proses pencucian.

Technical Support Meguiars Indonesia, Fadillah mengatakan, sebelum mencuci bodi dengan shampoo, siram terlebih dahulu seluruh permukaan bodi agar pasir, debu dan kotoran lainnya turun.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Kemudian gunakan shampoo dengan PH balance (keasaman) maksimal tujuh. Aplikasikan spons secara merata dimulai dari atas terlebih dahulu lalu ke bawah,” ujarnya kepada VIVA, Minggu, 16 Juni 2019.

Sambung dia, jika mengusapnya dari bawah, dikhawatirkan timbul baret halus. Karena kotoran lebih banyak menempel di bawah, setelah itu bilas hingga bersih lalu segera dikeringkan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

“Jika masih ada sisa air akan timbul bercak atau jamur. Kalau sudah kering, oleskan wax merata dan tipis-tipis, lalu lap dengan microfiber sampai bersih dan mengkilap,” tuturnya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022