Ini Biang Kerok Bodi Lecet di Pencucian Mobil Otomatis

Cuci mobil robotik
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Saat ini, tempat pencucian mobil menyediakan alat khusus untuk mempercepat proses pembersihan bodi. Sayangnya, tidak semua alat bisa bekerja sempurna. Beberapa justru membuat lecet pada cat.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Hal tersebut diakui oleh Chief Executive Officer Autoglaze sebagai penyedia jasa detailing dan pencucian mobil, Robby Kurnia. Dia mengatakan, lecet berasal dari bahan penyeka pada alat pencuciannya.

“Karena, ada yang masih pakai metode lama. Jadi, sikatnya pakai bahan plastik, seperti tali-tali. Plastik itu lama-lama keras, ketika membersihkan bodi menyebabkan pernis baret,” ujarnya di Tangerang, Senin 8 Juli 2019.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Menurutnya, alat pencucian mobil seharunya dibekali dengan bahan chamois lembut, untuk penyeka kotoran di bodi. Bahan tersebut sama dengan halnya kanebo, tidak menyebabkan bodi lecet.

Alat cuci mobil otomatis.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

“Setiap mesin cuci mobil berbeda-beda, tergantung pabriknya. Kalau saya, pakai alat dari Jepang,” tuturnya.

Soal tingkat kebersihan, Manager Marketing Autoglaze, Stephen Setyadi mengaku, masih lebih bersih manual atau tenaga manusia. Namun, sistem robotik memiliki keunggulan dalam hal waktu.

“Kalau manusia, lebih lama, tapi lebih teliti dan bersih. Makanya, meski kami punya alat robotik, tetap ada bantuan tenaga manusia untuk penyelesaiannya,” kata dia. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya