Bersihkan AC Mobil Tanpa Bongkar Dasbor, Ternyata Bisa

Ilustrasi AC mobil
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Udara kabin yang sejuk selama perjalanan, adalah idaman semua pemilik mobil. Namun, layaknya mesin, pendingin udara kabin juga harus mendapat perawatan secara berkala.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Untuk membersihkan AC mobil, umumnya perlu membongkar dasbor. Sebab, komponen evaporator yang menjadi tempat berkumpulnya debu dan kotoran, tersimpan di belakangnya.

Untuk membersihkan komponen pendingin ruangan tersebut, butuh biaya banyak, dan waktu pengerjaan yang lama. Seperti disampaikan Chef Executive Officer Autoglaze sebagai peyedia jasa perawatan mobil, Robby Kurnia.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

“Biasanya, bengkel-bengkel butuh waktu lama kalau untuk bersihkan evaporator AC, dan biayanya jutaan rupiah,” ujarnya di Tangerang, Senin 8 Juli 2019.

Evaporator AC Mobil yang sudah tidak layak pakai.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Risiko yang mungkin saja terjadi, adalah proses bongkar dan pasang dasbor tidak dilakukan dengan sempurna. Alhasil, muncul suara berisik, saat mobil melewati jalan tidak rata.

Namun, kini hal itu bisa diatasi dengan alat khusus yang diberi nama endoskopi. Cuma butuh waktu satu jam, maka semua kotoran bisa rontok dan lepas dan evaporator.

Manager Marketing Autoglaze Stephen Setyadi menyebut, endoskopi memiliki kamera dan bisa menyemprotkan angin serta air. Cara kerjanya, adalah dengan dimasukkan ke lubang jalur evaporator.

“Dimasukkan kamera kecil ke dalam ruangan evaporator, sekaligus tekanan angin dan air. Kotoran itu dirontokkan pakai cairan khusus, lalu dibilas pakai air biasa dan tekanan angin,” tuturnya.

Bersihkan AC mobil pakai endoskopi

Stephen menjelaskan, evaporator bisa kotor karena udara kotor melewati komponen yang bentuknya mirip radiator itu. Debu dan kabin yang kotor, bisa terbawa oleh udara dan menempel.

“Bisa kotor, tergantung pemakaian, kurang lebih tiga bulan untuk mobil yang sering dipakai. Jadi, servis AC itu biasanya ringan, hanya bersihkan filter dan blower kalau di bengkel,” jelasnya. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya