Cara Manjur Usir Panas saat Parkir Mobil di Terik Matahari

AC Mobil
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat parkiran gedung penuh, para pemilik mobil terpaksa menaruh kendaraan mereka di luar ruangan. Cuaca yang terik, bisa membuat suhu kabin menjadi sangat panas.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Sebab, umumnya kaca sengaja ditutup penuh, demi menghindari aksi pencurian. Risikonya, hawa panas terperangkap di dalam, dan membuat pengemudi gerah saat masuk ke dalam kabin.

Hal pertama yang dilakukan usai menghidupkan mesin mobil, adalah menyalakan penyejuk kabin. Namun, cara itu dianggap tidak bagus untuk jangka waktu lama.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

Untuk meredakan suhu, ada beberapa langkah yang bisa diterapkan. Berikut daftarnya, dilansir dari laman resmi Nissan, Kamis 22 Agustus 2019:

Buka kaca jendela

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Meski suhu di luar sedang panas-panasnya, tetap buka kaca mobil. Tujuannya, agar ada sirkulasi hawa, karena suhu kabin lebih panas dari luar.

Nyalakan AC sesudah mesin hidup

Beberapa orang membiarkan tombol AC dalam kondisi on, saat mematikan mesin. Ketika mesin dihidupkan, otomatis penyejuk kabin itu juga berfungsi. Cara itu bisa memberi beban lebih pada sistem kelistrikan, dan berpotensi merusak peranti AC.

Arahkan AC ke belakang

Ada yang tidak tahan dengan suhu panas, sehingga memonopoli hawa sejuk yang keluar dari lubang AC. Hal itu membuat sirkulasi udara di belakang kurang maksimal, sehingga penumpang merasa gerah lebih lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya