Cara Gampang Bikin Mobil Irit Bensin, Enggak Perlu Alat Tambahan - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 28 Agustus 2019 | 18:08 WIB

Cara Gampang Bikin Mobil Irit Bensin, Enggak Perlu Alat Tambahan

Bisa dilakukan semua pengemudi mobil.
Ilustrasi SPBU Pertamina
Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Ilustrasi SPBU Pertamina

VIVA – Membeli bahan bakar minyak menjadi salah satu biaya yang wajib dikeluarkan pemilik mobil. Namun, pengeluaran wajib ini bisa diminimalisir, jika pemilik mampu mengemudikan kendaraannya dengan tepat.

Berkendara irit bensin, bukan hanya dipengaruhi oleh jenis kendaraan yang dipakai, tetapi juga cara mengemudinya. Berkendara dengan metode eco driving tersebut, bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, serta menekan penggunaan bahan bakar dari fosil.

Direktur pemasaran kendaraan roda empat PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra mengatakan, pihaknya turut ambil bagian untuk mengedukasi masyarakat agar mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar tidak terbarukan. 

"Salah satu caranya, dengan menggunakan BBM, terutama untuk mobil-mobil yang sudah dimiliki oleh konsumen dengan efisien," ujarnya di Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.

Baca juga: Pantas saja harga mobil Tesla di Indonesia mahal

Lantas, seperti apa saja trik yang bisa dilakukan agar mobil lebih irit bensin? Pengemudi perlu berlatih untuk bisa menginjak pedal gas maupun pedal rem secara perlahan. Jika mobil sudah berjalan, usahakan agar kecepatan tetap konstan.

Mengaktifkan pendingin udara kabin atau air conditioner sesuai kebutuhan. Ingatlah bahwa  saat AC dinyalakan, maka mesin mendapat tugas tambahan. Akibatnya, penggunaan BBM pun bertambah. Lalu perhatikan tekanan angin ban.

Mengisi bahan bakar minyak secara manual

Lalu, perhatikan juga tekanan udara pada ban mobil. Sebab, jika angin di dalam ban berkurang, maka bisa membuat kerja mesin lebih keras agar roda bisa berputar. Pastikan juga beban yang dibawa oleh mobil tidak memenuhi kapasitas angkutnya. 

Jika mobil sedang tidak berjalan, sebaiknya mesin dimatikan untuk mengurangi penggunaan BBM-nya. Lalu yang terakhir, pilihlah rute perjalanan yang minim hambatan untuk mencapai tujuan, cara ini paling ampuh untuk memastikan penggunaan bensin mobil lebih irit.

"Ini semua sudah kami buktikan di kegiatan All New Ertiga Tripventure. Kami juga ingin mendukung program pemerintah dalam peningkatkan efisiensi energi bahan bakar lewat Eco Driving," tuturnya.  

Saksikan Juga

Korban Ledakan Pipa Penyalur BBM di Meksiko Bertambah

TVONE NEWS - 8 bulan lalu
loading...
Muat Lainnya...