Menguak Rupa-rupa Perawatan Mobil - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 28 Agustus 2019 | 20:06 WIB

Menguak Rupa-rupa Perawatan Mobil

Ada perbedaan pada jasa yang ditawarkan.
Jasa auto detailing
Photo :
  • Istimewa

Jasa auto detailing

VIVA – Semua orang tentu ingin kendaraannya tampil bersih dan cemerlang setiap saat. Tapi, tidak semua memiliki waktu luang untuk melakukan perawatan sendiri di rumah.

Itu sebabnya, banyak bermunculan jasa perawatan eksterior dan interior mobil. Yang paling banyak tersedia adalah tempat cuci mobil, karena jasa ini yang paling umum dibutuhkan.

Beberapa penyedia cuci mobil juga membuka jasa salon. Usai dicuci hingga bersih, mobil akan dipoles dengan bahan khusus, sehingga cat kembali cemerlang.

Salon mobil biasanya dikunjungi pemilik kendaraan, setiap 3-6 bulan sekali. Harga yang ditawarkan untuk jasa tersebut bervariasi, mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1 juta.

Baca juga: Siap-siap, Mobil Baru Toyota Meluncur Tak Lama Lagi

Lalu, ada juga pengusaha yang membuka auto detailing. Chief Operating Officer HD Car Care, Yaska Wu mengatakan, pelayanan yang diberikan auto detailing jauh lebih lengkap, dan hasilnya juga berbeda.

Yaska menjelaskan, bahwa perbedaan ada pada cairan pembersih yang digunakan, pengerjaan yang lebih detail, sampai alat yang dipakai.

Auto detailing lebih detail pekerjaannya. Misalnya pembersihan ban mobil, auto detailing akan membersihkan hingga baut mobil. Sedangkan pada salon mobil, hanya membersihkan pelek dan semir ban,” ujarnya di Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.

Soal hasil pengerjaan, kata Yaska, juga tidak sama. Karena auto detailing memakai bahan yang kualitasnya lebih bagus, maka kualitasnya bisa bertahan hingga 9-12 bulan.

Ilustrasi poles mobil

Satu hal lain yang tidak disediakan oleh salon mobil, adalah jara perbaikan cacat pada eksterior. Contohnya, goresan halus atau oksidasi.

“Koreksi dilakukan dengan compounding, polishing dan glazing, serta produk-produk lain yang dibuat untuk mengatasi persoalan-persoalan spesifik pada permukaan kendaraan,” tuturnya.

Sebagai informasi HD Car Care baru saja membuka cabang mereka di Pontianak, Kalimantan Barat. Artinya, kini mereka memiliki cabang di 24 kota di Indonesia. Harga yang ditawarkan Rp3-6 juta, tergantung ukuran dan jenis mobil.

Saksikan Juga

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mudik dengan Mobil

OTOMOTIF - lewat 3 tahun lalu
loading...
Muat Lainnya...