Gak Susah, Ini Cara Jitu Agar Motor 'Panjang Umur'

Servis motor Honda.
Sumber :
  • Dok: Astra Motor

VIVA – Kendaraan roda masih menjadi alat transportasi andalan masyarakat saat ini. Banyak model yang beredar di pasar otomotif nasional mulai dari jenis bebek atau underbone, sport hingga matik. 

Pengguna Motor Matik Wajib Lakukan Perawatan CVT seperti Ini

Meski sudah dibenamkan tekonologi canggih, sepeda motor harus mendapat perawatan dari pemiliknya. Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno memberikan trik jitu agar tunggangan Anda 'panjang umur'. 

Untuk motor jenis bebek dan sport yang paling penting adalah melakukan perawatan rantai roda. Bahkan bagian ini pemilik harus rajin-rajin memeriksa fisiknya. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Kita harus perhatikan fisiknya dulu, fisiknya bisa dilihat apakah kering atau kendor. Kalau kendor berarti kita harus melakukan penyetelan dan bila kering harus dilumasi," kata Endro di Jakarta, Minggu 15 September 2019. 

Ia mengatakan, rantai mudah kering jika sering terguyur hujan. Setidaknya, pemilik melumasi rantai roda setiap sepekan sekali. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Kalau kotor dan kendor, itu mengakibatkan rantai cepat aus. Usianya tergantung pemakaian dan perawatan. Kalau perawatannya molor bisa hanya sampai setahun," ungkapnya. 

Endro menjelaskan, bagi skuter matik yang perlu diperhatikan adalah Continously Variable Transmission atau disebut CVT. Bagian ini punya waktu pemeriksaan rutin. 

"CVT ini tiap 8.000 kilometer diperiksa. Karena bisa jadi ada yang kotor, atau aus," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya