Begini Cara Mudah dan Murah Hilangkan Baret Kaca Mobil

Garis baret pada kaca mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Kaca mobil ibarat mata, harus tetap jernih jika ingin melihat dengan jelas situasi yang ada di depan mobil. Namun sayangnya, banyak hal yang dapat membuat kaca tak lagi cemerlang.

Kaca Mobil Bisa Pecah Mendadak, Ini Penyebabnya

Mulai dari debu dan kotoran, hingga polusi udara. Tanpa disadari, mengaktifkan penghapus kaca saat kaca dalam kondisi kering bisa menimbulkan goresan halus. Jika itu terjadi secara terus menerus, maka kaca berpotensi baret dan susah untuk dikembalikan ke kondisi semula.

Hal lain yang bisa membuat kaca tergores, yakni kondisi karet penghapus kaca yang sudah getas. Karena selalu terpapar matahari, material ini bisa menurun kualitasnya dalam waktu beberapa tahun.

Terlalu Sering Poles Kaca Mobil Bisa Berdampak Negatif

Jika kaca sudah tergores, maka yang biasa dilakukan pemilik adalah membawanya ke salon mobil untuk mendapatkan perawatan. Namun, biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal. Bisa mencapai Rp350-400 ribu untuk kaca depan saja.

Baca juga: Kalau Memang Esemka Produk China, Harusnya Lebih Fair

Begini Cara Buka Kaca Mobil yang Benar agar Irit BBM

Dilansir dari laman Suzuki, Kamis 19 September 2019, sebenarnya ada cara mudah dan murah untuk menghilangkan baret di kaca mobil. Jika kebetulan memiliki kompon untuk bodi, maka bahan itu juga bisa digunakan untuk membuat kaca kembali mulus.

Cukup oleskan kompon pada bagian kaca yang baret, kemudian gosok perlahan menggunakan kain lembut. Tapi, siap-siap kaca menjadi buram saat hujan turun, karena bahan tersebut mengandung minyak. Untungnya, hal itu tidak berlangsung lama

Bahan lain yang juga bisa dipakai, yakni Cerium Oksida. Senyawa yang dijual secara online dengan banderol Rp30-50 ribu ini aslinya dipakai untuk membersihkan kaca.

Cara aplikasinya, pastikan kaca dalam keadaan bersih, lalu ampelas bagian yang baret. Pastikan memakai ampelas yang paling halus dan basahi permukaan kaca. Lalu, campur Cerium Oksida dengan air. Oleskan dengan kain halus atau alat poles bodi mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya