Biar Mobil Gak Dibobol Maling Saat Isi Bensin, Lakukan Ini

Mengisi bensin di SPBU.
Sumber :
  • Daihatsu

VIVA – Mengisi bahan bakar minyak atau BBM, menjadi rutinitas pemilik mobil yang masih mengadopsi mesin konvensional sebagai jantung penggerak. Proses ini biasa dilakukan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU, di lokasi terdekat saat melakukan suatu perjalanan.

Polisi Amankan 5 Orang terkait Kasus Bensin Dioplos Air di SPBU Bekasi

Meski demikian, mengisi BBM di SPBU ternyata memiliki risiko untuk menjadi korban kejahatan. Salah satu contohnya, ada di video yang beredar di masyarakat melalui media sosial maupun aplikasi pesan Whatsapp, beberapa waktu lalu.

Rekaman gambar memperlihatkan pengemudi mobil yang harus kehilangan barangnya saat sedang mengisi bensin. Saat kejadian, korban nampak seorang diri mampir ke SPBU. Dari belakang, seorang pemuda tampak perlahan mendekati mobil tersebut.

Dispenser SPBU Nakal di Karawang Disegel karena Tipu-tipu Takaran

Pemudah tersebut, menempelkan badannya ke sisi kanan mobil, lalu membuka pintu, dan mengambil barang yang ada di dalam kabin. Kemudian dengan cepat ia kabur dengan dibonceng sepeda motor oleh teman yang ada di belakangnya.

Baca juga: Waspada Pencurian saat Isi Bensin di SPBU

Layani Pemudik di Tol Fungsional Solo-Yogyakarta, Pertamina Siapkan Mobil Siaga

Belajar dari kasus tersebut, Trainning Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, pemilik atau pengemudi mobil kerap melupakan standar operasional prosedur saat mengisi BBM di SPBU.

SOP yang dimaksud, yakni mematikan mesin kendaraan dan memastikan kendaraan tetap dalam terkunci saat pengguna mobil keluar untuk mengisi BBM. Cara ini, mengurangi beragam risiko yang bisa terjadi saat minyak bahan bakar dituang ke dalam tangki kendaraan.

SPBU Pertamina

"Biasanya keluar dari mobil untuk isi bensin, tekak-tekuk badan, nah di situ penjahat melihat kelemahannya. Orang itu merasa semua sudah di bawah kendalinya, padahal hanya dalam hitungan detik, penjahat bisa mengambil barang di kendaraan," ujarnya saat konfrensi video beberapa waktu lalu.

Saat ini, tak sedikit pengemudi yang memilih tetap berada di kabin saat transaksi pembelian BBM. Padahal, menurut Sony, potensi kejahatan bisa tetap terjadi, walaupun pengemudinya memilih untuk tidak keluar dari kabin.

"Kalau saya, tetap memilih keluar dan mengunci semua pintu mobil. Untuk pengemudi perempuan, memang baiknya tetap di dalam dan mengunci semua pintu saat mengisi bensin," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya