Beda Ganti dan Kuras Oli Mesin Mobil, Sudah Tahu Belum?

Ilustrasi mengganti oli mesin mobil
Sumber :
  • dok. Deltalube

VIVA – Pemilik mobil biasanya tahu, atau minimal pernah mendengar tentang ganti oli mesin. Kegiatan ini masuk dalam daftar perawatan berkala, dan  wajib dilakukan pemilik kendaraan dalam kurun waktu atau jarak tempuh tertentu.

Teknologi Ini Bikin Pemilik Kendaraan Tak Perlu Sering Ganti Oli

Artinya, dipakai atau tidak kendaraan tersebut, pelumas di dalam mesin tetap wajib diganti bila sudah masuk tenggat waktu tertentu. Penggantian oli mesin mobil, bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan di bengkel resmi maupun di bengkel langganan.

Selain rutinitas mengganti oli di dalam mesin, ternyata oli tersebut perlu dikuras atau dibersihkan secara menyeluruh. Umumnya, pengerjaan ini dilakukan untuk mobil-mobil yang memiliki jarak tempuh panjang, atau yang sudah berumur.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Melansir dari laman resmi Deltalube, Kamis 25 Juni 2020, mengganti dan mengurasi oli pada mesin mobil ternyata merupakan dua kegiatan yang berbeda. Ini bisa diketahui dari proses kerja yang dilakukan.

Baca juga: Kia Siap Tantang Toyota Alphard, Pakai Carnival Terbaru

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Saat mengganti oli, dilakukan dengan cara membuka baut pengunci di bagian bawah mesin, lalu mengeluarkan semua pelumas yang ada di mesin. Sementara itu, proses pengurasan dilakukan dengan cara membuang semua pelumas, baik di bagian mesin termasuk yang ada di bagian bak oli.

Tak heran, volume oli bekas bisa mencapai 10 sampai 12 liter saat dilakukan pengurasan. Padahal, saat penggantian oli secara rutin, volume pelumas bekas dari dalam mesin mobil hanya mencapai 3 sampai 4 liter saja.

Mengganti oli biasanya menjadi rutinitas pemilik kendaraan, dan biasanya dilakukan secara berkala mengikuti hitungan jarak 10 ribu kilo, ataupun waktu penggantian dalam hitungan bulan. Pada mobil-mobil baru, panduan untuk mengganti oli bisa diketahui melalui buku servis kendaraan.

Sementara itu, menguras oli mesin secara keseluruhan bisa dilakukan pada jarak tempuh 50 ribu kilometer atau kelipatannya. Tujuan pengerjaan ini, agar kotoran yang ada di dalam converter bisa dibersihkan sehingga ketahanan mesin nantinya tetap terjaga.

Guna memberikan perasaan tenang dan aman bagi para konsumennya saat melakukan kegiatan penggantian pelumas di bengkel, TRKM Group selaku prinsipal oli Deltalube, melakukan program pembagian 42.000 masker gratis ke bengkel dan toko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya