Meski Sederhana, Tutup Tangki Bensin Punya Peran Besar di Sepeda Motor

Ilustrasi tutup tangki bensi sepeda motor
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Mengisi ulang bahan bakar minyak atau BBM, menjadi kegiatan rutin pengguna sepeda motor bermesin konvensional. Meski demikian, tak semua pengendara peduli dengan penutup tangki bensin kendaraannya.

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

Tutup bensin yang terbuat dari bahan logam, dilengkapi dengan karet pada bagian dalamnya, sehingga mampu  mencegah uap bensin keluar dari tangki, serta menjaga agar volume bahan bakar tak tumpah saat sepeda motor melibas jalanan bergelombang. 

Melansir dari laman resmi Astramotor, Selasa 7 Juli 2020, penutup tangki bensin sepeda motor memiliki tugas untuk menjaga cadangan bahan bakar. Meski demikian, komponen tersebut jarang diperhatikan oleh pengguna kendaraan. 

Pesanan Honda Stylo 160 Membeludak

Padahal seal atau karet pada tutup tangki bensin itu, bertugas merapatkan tangki agar bensin tidak luber atau merembes ke luar tangki. Jika tutup tangki tak dilengkapi karet, maka saat terjadi guncangan bahan bakar akan merembes ke bagian luar tangki.

Baca juga: Toyota Bikin Onderdil Mobil Sport yang Disuntik Mati 53 Tahun Lalu

2 Sepeda Motor Baru Honda Resmi Terdaftar di Indonesia

Selain itu, dalam posisi normal akan tercium aroma bensin dari dalam tangki. Uap bahan bakar minyak yang keluar melalui sela-sela antara tangki dan tutupnya itu, bisa jadi berbahaya jika pengendara tak sadar berada di dekat api, ataupun menyalakan rokok di sekitarnya.

Seperti suku cadang motor lainnya, karet tersebut juga bisa rusak dan aus seusia pakai kendaraan. Jika sudah begini, pemilik kendaraan bisa mengganti komponen ini dengan membelinya di toko online maupun bengkel langganan, dengan banderol sekira Rp15 ribu.

Untuk menjaga karet pada tutup tangki bensin ini awet, bisa dilakukan dengan mudah, yakni memperhatikan posisi tutup dengan tangki bensin usai mengisi bahan bakar minya. Jika posisinya tidak sejajar, akan ada seal karet yang terjepit lebih kencang atau miring dan lama kelamaan akan merusaknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya