Tips Naik Motor saat Cuaca Kemarau

ilustrasi pengendara motor.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Indonesia masuk dalam daftar negara yang berada di lingkungan tropis, hanya ada musim hujan dan kemarau. Keduanya menjadi tantangan bagi para pengendara motor.

SubhanAllah, Viral Warga Sholat Istisqa : Langsung Dikabulkan Hujan

Saat hujan, pengendara harus berhati-hati dengan licinnya jalan dan mengenakan jas hujan agar tidak basah serta terserang penyakit. Sementara, ketika musim kemarau tiba yang terjadi justru kebalikannya.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Wahana Honda, Senin 20 Juli 2020, dehidrasi dan debu menjadi musuh utama para pemotor di Tanah Air saat musim kemarau.

Bali Dilanda Cuaca Ekstrem, Wilayah yang Tak Diguyur Hujan Diprediksi Meluas

Hal itu dikarenakan motor tidak dibekali pelindung atap seperti mobil yang bisa menahan terik sinar matahari, serta kaca dan penyejuk udara untuk membuat perjalanan jadi lebih nyaman.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pengendara motor, saat beraktivitas di jalanan selama musim kemarau, yakni:

BMKG Prediksi Indonesia Diguyur Hujan November 2023, Bisa Berpotensi Banjir

Banyak minum untuk menghindari dehidrasi

Selalu beristirahat saat melakukan perjalanan jauh, dan minum air putih untuk menjaga cairan tubuh. Tubuh bakal sering berkeringat, yang bisa membuat cairan tubuh berkurang dan memicu turunnya konsentrasi.

Pakai jaket dengan warna cerah

Jaket yang berwarna gelap cenderung menyerap panas, sehingga membuat kamu mudah kegerahan. Pastikan jaket memiliki pori, agar sirkulasi udara jadi lebih lancar.

Pakai masker dan kaca helm

Dua benda itu dapat menghalau debu masuk ke mata atau hidung. Selain itu, masker dan kaca helm juga amuh untuk mencegah kamu tertular virus COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya