Cara Memilih Karpet Mobil Sesuai Bahan

Karpet mobil aftermarket.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA – Karpet menjadi salah satu aksesori pada mobil, yang kerap jadi perhatian pemilik kendaraan. Ada yang sengaja memakai karpet standar bawaan mobil, namun banyak juga yang memilih untuk melapisinya lagi dengan karpet tambahan.

Enggak Semua Karpet Mobil Aman untuk Dipasang

Biasanya, karpet tambahan dipasang agar alas bawaan mobil tidak mudah kotor, sehingga ketika akan dijual kembali kondisinya nyaris seperti baru.

Ketika memasang karpet tambahan, pemilik mobil akan dibuat bingung dengan banyaknya pilihan merek serta jenis. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Lantas, mana yang sebaiknya dibeli?

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Dilansir dari Cartoq, Sabtu 1 Agustus 2020, jenis karpet pertama yang banyak dijual yakni terbuat dari bahan karet tipis. Ada yang polos tanpa logo, ada juga yang disematkan lambang salah satu rumah modifikasi asal Jepang.

Baca juga: Mobil Andalan Jokowi Hadir dalam Edisi 'Warisan'

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Karpet jenis ini sangat tahan terhadap air dan kotoran, namun sayangnya mudah rusak dan bolong apabila sering bergesekan dengan sepatu. Selain itu, tampilannya kurang eksklusif dan membuat interior yang tadinya keren jadi kurang wah.

Jenis karpet kedua adalah bahan kain. Sifatnya mirip dengan karpet bawaan mobil, dan bisa mengikat kotoran kering dengan mudah, Sayangnya, bahan yang digunakan susah untuk dibersihkan, terutama saat ada noda membandel.

Bahan karpet ketiga adalah karet sintetis, yang biasanya hadir dengan permukaan kasar. Hal itu disengaja, agar kotoran bisa lepas dari alas kaki dengan mudah. Karpet jenis ini dapat dengan mudah menyerap air serta kotoran, tapi kurang serasi dengan tampilan interior.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya