Tips Merawat Baterai Mobil PHEV Biar Awet, Gak Susah Lho

Mitsubishi Outlander PHEV
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Tak hanya menawarkan kendaraan bermesin konvensional, Mitsubishi Motors kini sudah menjual produk ramah lingkungan. Mobil yang dimaksud adalah Outlander PHEV (Plug-In Hybrid Electric Vehicle).

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Kehadiran mobil ini tentu saja memberi pilihan baru bagi masyarakat moderen, terutama mereka yang menginginkan kendaraan jenis sport utility vehicle dengan fitur dan teknologi yang lebih canggih dibandingkan produk lainnya.

Meski demikian, banyak masyarakat awam yang masih penasaran dengan cara merawat kendaraan canggih tersebut. Terutama untuk baterai yang menjadi perangkat vital untuk kendaraan PHEV.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Head of After Sales Service Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto mengatakan, konsuman dan penggemar mobil Mitsubishi tak perlu merasa khawatir terkait perawatan baterai di kendaraan tersebut, karena cukup mudah dilakukan.

Baca juga: Cicilan Sedan BMW, Sama Kayak Beli Mobil LCGC Baru Setiap Bulan

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Dia mengatakan, Outlander PHEV mengusung baterai dengan tipe Li-ion, yang diberi garansi 100 ribu kilometer atau 3 tahun, merujuk pada buku servis manual. Agar baterai awet, pengguna disarankan untuk menghindari parkir di lokasi bersuhu tinggi, serta terpapar sinar matahari langsung.

"Pengguna dapat memaksimalkan metode pengisian daya normal, atau fasilitas home charging dengan arus listrik rendah, serta minimalkan pemakaian metode quick charging dengan arus tinggi, kecuali diperlukan," ujarnya dalam keterangan yang dikutip VIVA Otomotif, Jumat 21 Agustus 2020. 

Selain itu, kata dia, untuk pemakaian sehari-hari juga disarankan menjaga kapasitas baterai di persentase sedang. Hindari kondisi baterai kosong, serta tidak disarankan menyimpan kapasitas baterai penuh dalam jangka waktu yang lama untuk menjaganya tetap bekerja maksimal.

"Jika konsumen hanya dapat menggunakan quick charging, kami merekomendasikan untuk tetap memakai metode pengisian daya normal setidaknya sekali dalam dua minggu,” papar Boediarto.

Dari laman resmi Mitsubishi Motors Indonesia, diketahui Outlander PHEV dilabeli harga acuan Rp1,3 miliar on the road Jakarta. Untuk mendukung kemudahan pengguna, tersedia fasilitas pengisian daya listrik cepat di 16 diler di wilayah Jabodetabek dan Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya