Tips Mobil Matik: Perlu Gak Pindahkan Tuas saat Ingin Mendahului

Mobil transmisi matik.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Transmisi otomatis dianggap sebagai anugerah oleh para pengguna mobil. Dengan adanya teknologi ini, kaki kiri tidak perlu sibuk menginjak pedal kopling saat ingin memindahkan gigi.

Bengkel Mobil Matik Punya Gudang Sparepart, Korban Penculikan Oknum Ojol Lompat

Komputer akan mengatur perpindahan gigi transmisi secara otomatis, sesuai dengan kecepatan kendaraan. Pengemudi tak perlu khawatir lagi saat menghadapi tanjakan, atau ketika harus segera maju kala lampu lalu lintas berubah menjadi hijau.

Namun, di setiap canggihnya teknologi selalu ada yang harus dikorbankan. Pada mobil dengan transmisi otomatis atau matik, akselerasi jadi lebih lambat dari transmisi manual.

Bengkel Spesialis Mobil Matik Ini Sering Jadi Rujukan, Punya Gudang Sparepart

Hal ini membuat pengemudi sering merasa ragu, saat hendak mendahului kendaraan di depan yang melaju lambat. Perpindahan gigi ditangani langsung oleh komputer, sehingga pengemudi hanya mengandalkan pedal gas dan berharap akselerasi bisa membuat mobil menyalip dalam jarak yang aman.

Baca Juga: Tips Mobil Matik: Posisi Tuas P atau N saat Lampu Merah

Pesaing Motor Honda BeAT Lebih Sporty, dan Waktu yang Tepat Memanaskan Mobil Matik

Namun, ternyata ada cara khusus agar pengemudi mobil matik bisa mendapatkan akselerasi yang dibutuhkan untuk mendahului kendaraan lain. Hal itu diungkapkan oleh Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi.

“Mau matik atau manual, pastikan jarak aman. Yang enggak kalah penting, harus dilakukan kickdown, untuk mendapatkan tenaga secara spontan. Caranya, pindahkan tuas dari D ke 3 atau gigi yang lebih rendah,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Kamis 17 September 2020.

Setelah mendapatkan akselerasi yang diinginkan, maka mobil bisa mendahului kendaraan yang ada di depan dengan aman.

“Setelah mendapatkan akselerasi dan berhasil mendahului, pindahkan lagi tuas transmisi ke posisi D,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya