Tips Mobil Matik: Kapan Harus Menekan Tombol Tuas Matik

Ilustrasi mobil bertransmisi matik.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Teknologi dikembangkan demi membuat hidup manusia jadi lebih mudah dan nyaman. Tapi, untuk bisa mendapatkannya secara optimal kita harus memahami cara pengoperasiannya.

Bengkel Mobil Matik Punya Gudang Sparepart, Korban Penculikan Oknum Ojol Lompat

Contohnya, transmisi otomatis atau matik pada mobil. Sistem canggih ini bisa memindahkan gigi transmisi tanpa pengemudi perlu menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas.

Cukup injak pedal gas, maka gigi transmisi akan berpindah sesuai kecepatan. Komputer akan mengatur, gigi mana yang sesuai dengan kecepatan saat itu.

Bengkel Spesialis Mobil Matik Ini Sering Jadi Rujukan, Punya Gudang Sparepart

Perancang juga sudah membuat tanda pada sisi tuas transmisi, yang seharusnya mudah dipahami oleh pengemudi. Misalnya, P berarti Park atau parkir, yang digunakan ketika mobil dalam kondisi berhenti dan ditinggal oleh pemiliknya.

Baca Juga: Tips Mobil Matik: Perlu Gak Pindahkan Tuas saat Ingin Mendahului

Pesaing Motor Honda BeAT Lebih Sporty, dan Waktu yang Tepat Memanaskan Mobil Matik

Lalu ada R yang merupakan singkatan dari Reverse, digunakan untuk mundur. N berarti Neutral, sementara D adalah Drive, yakni melaju. Urutan perpindahannya adalah P-R-N-D.

Pada beberapa mobil, saat memindahkan tuas ke posisi tertentu pengemudi diharuskan menekan tombol yang ada di benda tersebut. Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, hal itu gunanya untuk keamanan.

“Untuk memastikan pengemudi melakukan operasi yang diinginkan, bukan ketidaksengajaan. Misalnya, tersenggol,” ujarnya kepada VIVA Otomotif, Jumat 18 September 2020.

Bambang menjelaskan, tombol tersebut hanya butuh ditekan saat posisi tertentu saja. Yakni, P ke R dan sebaliknya, serta R ke D dan sebaliknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya