Kenali Dua Model Wiper Mobil yang Punya Peran Penting Saat Hujan

Wiper mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA –Wiper menjadi salah satu perangkat yang dipasang di kaca mobil. Alat ini memiliki tugas untuk menyeka air yang mengalid, ketika pengemudi menjalankan kendaraannya dalam cuaca hujan atau kondisi kaca basah lain dengan beragam penyebab.

Kaca Mobil Bisa Pecah Mendadak, Ini Penyebabnya

Tak haya di kaca depan, pada beberapa mobil juga dipasang alat penyeka air di kaca belakangnya. Hal ini dilakukan oleh pabrikan, guna memastikan pengemudi mendapat daya visual yang baik.

Saat ini ada dua model wiper mobil yang umum dipakai pada produk-produk kendaraan, yakni model blade dan frameless. Keduanya memiliki desain, dan biasanya dipakai untuk segmen kendaraan yang berbeda.

Terlalu Sering Poles Kaca Mobil Bisa Berdampak Negatif

Blide wiper masih terdapat kerangka besi, sebagai dudukan karet penyeka kaca. Model ini sudah lama dipakai, dan kini menjadi perangkat standar pada mobil-mobil berbanderol kurang dari Rp200 juta.

Baca juga: Gak Semua Mobil Datsun Murah, Ada Versi Bekasnya Tembus Rp720 jutaan

Begini Cara Buka Kaca Mobil yang Benar agar Irit BBM

Sementara wiper frameless, karet bisa langsung dikaitkan pada tangkainya. Jenis penyeka kaca tersebut, banyak dipakai sebagai komponen standar di mobil-mobil mewah.
Wiper dibikin tegak

Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, saat menyeka air hujan dengan intensitas deras maka model blade lebih maksimal jika dibandingkan frameless.

“Karena wiper yang ada rangka besinya lebih stabil saat menyeka air ketika hujan deras. Tapi kalau mau moderen bisa pakai frameless yang saat ini sudah banyak dipasaran,” ujarnya, dikutip dari 100KPJ, Rabu 23 September 2020.

Sementara itu, Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, daya tahan wiper di kaca mobil dipengaruhi cara pemakaiannya. Meski demikian, model blade tidak bergetar dan masih normal daya seka airnya meski karet sudah tidak lentur.

Sementara untuk frameless, ketika karetnya sudah tidak lentur karena usia pakai, maka daya sekanya akan berkurang lantaran tidak ada beban tambahan untuk menempelkannya ke kaca.

“Terkait lebih awet frameless atau blade, tergantung penggunannya. Kalau karet model frameless daya lenturnya berkurang, saat menyeka air cendrung bergetar (berisik),” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya