Catatan Penting Bagi Ibu Hamil yang Ingin Mudik

Keinginan ibu hamil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Melakukan perjalanan jauh atau mudik dengan sepeda motor memang sangat beresiko. Nah, seiring dengan akan datangnya arus mudik lebaran, tentu menarik untuk mengetahui seberapa aman bagi ibu hamil yang akan mudik dengan sepeda motor.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Untuk menjawab hal tersebut, VIVA.co.id berbincang-bincang dengan pakarnya, dokter spesialis kandungan, dr Denny Dhanardono SpOG. Menurutnya, meski disarankan tidak mudik dengan motor namun sebenarnya boleh-boleh saja. Tapi dengan satu syarat yang harus diketahui.

“Untuk ibu hamil yang pergi menggunakan sepeda motor hanya diperbolehkan usia kandungannya  maksimal 14 minggu. Lebih dari itu jangan deh,” kata Denny saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa 21 Juni 2016.

5 Golongan yang Wajib Membayar Fidyah, Muslim Wajib Tahu

Hal itu karena usia kandungan di atas 14 minggu memang sangat rentan sehingga disarankan bagi ibu hamil untuk tak mudik dulu. “Itu juga dengan catatan, sebelum melakukan perjalanan tidak boleh ada flek atau pernah mengalami pendarahan,” katanya.

Selain itu, tentu saja, para ibu hamil yang akan melakukan perjalanan jauh harus lebih sering istirharat, dan juga membawa makanan, minuman, dan juga  obat-obatan, serta buku catatan kehamilan.

Bukan Cuma Gangguan Kesehatan, Ibu Hamil Perlu Hati-hati dari Gangguan Gaib Seperti Kuyang
Ilustrasi ibu hamil

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Belum lama ini beredar kisah pilu dialami oleh seorang wanita yang tiba-tiba janinnya menghilang saat hamil empat bulan. Cerita yang dibagikan akun TikTok dan trending

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024