Kenapa Rem Bisa Mendadak Blong

Tabrakan maut akibat rem blong. Hati-hati, rem blong tak cuma terjadi pada mobil besar, tapi juga pada mobil pribadi.
Sumber :

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu kecelakaan bus yang terjadi di jalur Puncak Jawa Barat disebabkan rem blong. Ternyata bukan mobil dengan dimensi besar dan bobot berat saja yang bisa mengalami gagal pengereman, mobil pribadi pun bisa.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Seperti yang dialami Teguh dengan Daihatsu Terios miliknya. “Tahun lalu pulang kampung ke Pemalang Jawa Tengah, saya pakai Terios, remnya blong pas jalan turunan lagi, ya sudah saya mainin saja engine brake biar sedikit-sedikit berhenti,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Ia pun akhirnya berhenti dan mengakalinya dengan menyiramkan air ke semua roda depan belakang. “Itu juga saya dikasih tahu sopir truk. Benar, habis disiram rem jadi pakem lagi,” tuturnya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Lantas apa penyebab rem mobil ini bisa lepas kendali setelah diajak berjalan jarak jauh dan bahaya tidak rem yang panas disiram?

Technical Service Division PT Toyota Astra Motor Iwan Abdurahman mengatakan, rem blong bisa disebabkan adanya kemacetan pada kampas dan piringan cakram. Karena nempel terus, rem jadi panas. Di situ minyak rem mendidih dan timbul udara di dalamnya. Alhasil rem jadi tidak berfungsi.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Saat kita injak rem, karena ada udara di dalam rumah minyak rem, jadi blong," ujarnya.

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor Anjar Rosjadi menuturkan cakram dan kampas yang masih panas akan rusak bila disiram air. 

"Ini bisa bikin kerusakan di komponen pengereman. Memang kalau dingin itu koefisien gesekan lebih besar jadi wajar lebih pakem," tuturnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya