Tips Hilangkan Noda Aspal di Mobil, Harus Hati-hati

Noda aspal pada bodi mobil
Sumber :
  • ahzura

VIVA.co.id – Noda aspal yang menempel di bodi mobil memang terbilang bandel untuk dihilangkan. Tak hati-hati saat membersihkan, justru Anda akan merusak cat mobil. Namun tak perlu khawatir, ada tips mudah untuk mengatasinya.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

"Aspal kalau kena cat itu kan bisa mengeras ya. Apalagi kalau aspal jalanan baru, itu menempel banget di bodi. Lama-kelamaan jadi keras dan jadi noda pada cat mobil," kata Mini dari Detailer Garage di MGK Kemayoran, Jakarta.

Mini mengatakan, untuk mobil berwarna hitam noda aspal yang menempel di bodi mungkin tidak akan terlihat. Tetapi jika mobil memiliki warna cerah, akan terlihat seperti bintik-bintik hitam yang keras dan menempel di bodi.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Untuk mobil warna putih dan warna cerah, itu kelihatan banget kalau kena serpihan aspal. Cat mobil warna hitam memang enggak kelihatan, tapi pas bodi diraba ya berasa kayak ada bintik-bintik yang menonjol," kata Mini.

Menurut Mini, ada cara khusus dengan menggunakan clay, yakni semacam obat poles yang berbentuk liat dan aman untuk permukaan bodi serta cat mobil. Untuk penggunaan clay, kata Mini, cukup mudah.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pemilik mobil hanya perlu membersihkan bodi mobil, kemudian menyemprotkan air sabun pada permukaan yang terkena noda aspal, setelah itu gosok perlahan menggunakan clay hingga noda menghilang.

"Nanti warna clay-nya berubah jadi agak abu-abu atau hitam, itu tanda aspalnya terangkat. Setelah aspal terangkat baru mobil bisa dipoles," kata dia.

Lantas, biasakah pengerjaan ini dilakukan di rumah? Mini mengatakan, pemilik mobil bisa saja mengerjakan sendiri di rumah namun dibutuhkan ketelitian dan kesabaran.

"Bisa dikerjain di rumah kok, tinggal beli clay-nya. Gosoknya harus diperhatikan, jadi cepat hilang aspal tapi cat-nya enggak rusak. Kalau aspal itu emang enggak bisa cuma dicuci, tapi kalau langsung dipoles nanti cat mobil lecet. Jadi dihilangkan dulu pakai clay, sampai bersih baru lanjut poles biasa," jelasnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya