Komponen yang Wajib Ada di Bagasi Mobil Lawas

Mobil-mobil klasik di IIMS 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Memiliki mobil tua alias lawas memberikan kepuasan tersendiri bagi sebagian orang. Mobil-mobil tersebut kerap diikutsertakan dalam ajang pameran otomotif, sebagai bukti eksistensi mereka.

Terpopuler Otomotif: Parade Sepeda Motor Baru 2023, Kecelakaan Pertama Tesla Cybertruck

Bagi sebagian orang, berkendara dengan mobil lawas adalah hal menakutkan, karena dikhawatirkan banyak kendala yang akan dihadapi sewaktu berada di jalan raya. Padahal, hal itu bisa disiasati dengan beberapa cara. Salah satunya yakni selalu membawa komponen yang dibutuhkan.

Hal itu diungkapkan mantan Ketua Umum Toyota Kijang Club Indonesia, Dimas Rangga. Menurut dia, sejumlah komponen itu seperti fan belt, platina, koil, delco, dan juga pembersih karburator. Menurut dia, perlengkapan itu wajib ada di mobil-mobil lawas saat berkendara jarak jauh.

Ferrari Kuasai Daftar Mobil Klasik Termahal Tahun 2023

"Kalau mobil lawas yang dipakai setiap hari, bawa pembersih karburator. Karena, yang namanya mobil tua pasti sering ‘batuk’. Mau enggak mau kita harus selalu sediakan pembersih karburator. Kondisi jalan dulu sama sekarang beda, sekarang itu di mana-mana macet," kata Dimas di Jakarta.

Terpisah, Ketua Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), Novryanto Bagus Wicaksono, mengatakan, merawat mobil lawas tak sesulit yang dibayangkan.

Jadi Tersangka Menara BTS, Achsanul Qosasi Punya 2 Mobil Klasik Legendaris

"Merawat mobil tua seperti Kijang tahun 1981 ini enggak susah kok. Enggak jauh beda sama yang lain, diservis per tiga bulan sekali," kata Novry

Kata dia, mobil lawas perlu diberi perhatian khusus pada sistem pengapiannya. Upaya itu penting, agar kendaraan tetap berada dalam kondisi prima dan tetap terjaga.

"Kalau komponen sejak awal sudah bagus, ke depannya bagus," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya