Benarkah Pasang Lampu HID Bikin Aki Cepat Tekor

Lampu mobil kombinasi LED dan HID.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Accu atau aki merupakan bagian penting pada sebuah kendaraan. Accu bertugas mengalirkan arus listrik yang dibutuhkan kendaraan untuk beroperasi, sehingga kinerja kendaraan baik mobil maupun motor menjadi lebih maksimal.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sampai saat ini masih banyak pemilik kendaraan mempertanyakan, apakah menggunakan lampu HID atau High Intensity Discharge bisa membuat aki cepat tekor. Technical Advisor Quality Assurance Astra Otoparts Sahrudin mengatakan, pemasangan lampu HID bisa saja membuat aki cepat tekor bila dayanya terlalu tinggi.

"Bisa juga tekor kalau wattnya tinggi," kata Sahrudin saat ditemui di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Pada mobil, pemasangan lampu HID lebih cepat membuat aki soak. Dia menjelaskan, dalam mobil terdapat komponen alternator yang berfungsi untuk menghasilkan arus bolak-balik. Alternator itu akan menyuplai kebutuhan listrik pada mobil sewaktu mesin hidup.

Tetapi apabila jumlah pemakaian listrik lebih besar daripada yang dihasilkan alternator, maka baterai ikut memikul beban kelistrikan tersebut. "Alternator itu misalnya 40 ampere, nah 40 ampere akan dibagi semua kebutuhan kemudian. Kalau beban di mobil itu terlalu besar, akan menyebabkan aki tekor itu tadi," ujarnya menambahkan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Menurut dia ada beberapa faktor yang menyebabkan aki cepat tekor, salah satunya pemasangan banyak lampu. Apalagi mobil saat ini sudah disematkan banyak lampu yang membutuhkan banyak menyerap daya listrik. "Sekarang banyak lampu kayak headlamp, foglamp dan lain-lain, belum lagi audio, itu yang membuat aki tekor, pengisian enggak cukup karena pemakaian yang berlebihan," ujarnya.

Solusi agar pemasangan lampu tidak membuat aki cepat tekor adalah pasanglah lampu sesuai dengan kebutuhan listrik. Dia menyarankan pemilik memasang lampu LED agar aki tak cepat habis. "Solusinya mengurangi beban, sesuaikan dengan kebutuhan, ganti alternator juga akan mahal. Biasanya mereka harus hitung-hitungan," kata dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022