Trik Bikin Suhu Kabin Mobil Cepat Dingin

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA.co.id – Setiap orang pasti ingin mendapatkan suhu kabin yang sejuk saat mereka masuk ke dalam mobil. Sayangnya, hal ini sukar untuk diwujudkan, terutama jika mobil diparkir di tempat terbuka saat Matahari bersinar terik.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

Umumnya, pengemudi menghidupkan pendingin udara atau AC segera setelah mereka masuk ke dalam mobil. Namun, hal itu ternyata tidak disarankan, karena tidak akan mempercepat proses pendinginan.

Dilansir dari Carscoops, Senin 7 Agustus 2017, cara yang benar adalah dengan membuka semua kaca mobil. Saat kendaraan mulai bergerak, hidupkan AC dan atur agar kipas berputar kencang.

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Alasan menghidupkan AC saat mobil bergerak adalah agar kondensor yang ada di depan radiator dapat terpapar udara segar, sehingga proses pendinginan menjadi lebih maksimal.

Ketika suhu AC mulai terasa dingin, tutup kaca jendela depan, namun biarkan kaca jendela belakang terbuka selama 20-30 detik. Ini berguna agar sisa udara panas dapat keluar cepat dari kaca jendela belakang.

Ini Penyebab AC Mobil Enggak Dingin saat Cuaca Panas

Pastikan juga circulation mode atau mode sirkulasi udara dinonaktifkan (atur agar AC mendinginkan udara dari luar, bukan udara kabin yang disirkulasi).

Langkah ini untuk memastikan udara dingin dapat mencapai hingga ke jok bagian belakang. Jika mode sirkulasi diaktifkan, udara dingin akan disedot kembali sebelum mencapai bagian belakang. (art)

VIVA Otomotif: Mobil parkir sembarangan ditabrak pemilik rumah.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Berita yang membahas mengenai mobil hitam ditabrak berkali-kali dan Honda HR-V kena recall lagi, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2023