Teknik yang Benar Saat akan Jatuh Mengendarai Moge

Ilustrasi moge jatuh.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Mengangkat sepeda motor yang jatuh, apalagi kapasitas mesinnya besar, bukan perkara mudah. Masalahnya, motor gede itu sangat berat. Jika salah mendirikannya, maka akan banyak risiko yang akan dialami.

Pria Ini Dilindas Moge Ratusan Kali demi Rekor Dunia

Direktur Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu, mengatakan, risiko yang akan dialami jika mengangkat moge yang jatuh secara sembarangan adalah cedera.

"Tulang pinggul bisa lepas, kaki bisa patah karena mencoba menahan motornya. Padahal ya jangan khawatir, karena motornya sudah sudah ada pelindungnya," kata Jusri kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Pemprov DKI Anggarkan Rp 6,3 M Beli Moge Listrik, Dipakai Kawal Gubernur

Alangkah baiknya, kata dia, meminta bantuan orang lain untuk mengangkat moge yang jatuh. Hal itu Demi meminimalisir cedera yang dialami ketika mendirikan motor berbodi bongsor tersebut.

"Kalau ada kesempatan, ya segera minta bantuan. Kalau enggak ada, ya harus hati-hati. Selain cedera tulang pinggul bisa cedera tulang punggung. Tulang punggung kita ini punya saraf. Kalau salah angkat, bisa menimbulkan efek buruk seperti lumpuh," ujarnya.

5 Moge Listrik Keren yang Punya Performa Kencang

Dia mengatakan, saat motor oleng dan akan terjatuh, sebaiknya dibiarkan saja. Sebab, motor tersebut telah dilengkapi dengan sistem pelindung. Sehingga, kemungkinan ada komponen yang rusak itu kecil.

"Kebanyakan, orang kalau motornya mau jatuh itu ditahan motornya. Karena, motor harganya miliaran rupiah. Padahal, dibiarkan jatuh saja, enggak usah ditahan. Kan sudah ada pelindung," kata dia.

Harley-Davidson X440

Harley-Davidson Siapkan Moge Murah Lagi Usai Luncurkan X440

Harley-Davidson dilaporkan sedang mempersiapkan motor murah lainnya, yang disebut Nighster 440. Di mana motor ini diprediksi akan menggunakan mesin yang sama dengan X440.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024