Tips Saat Alami Ban Bocor di Jalan

Bocor ban motor.
Sumber :
  • WeloveHonda

VIVA.co.id – Ban bocor karena terkena paku memang merepotkan. Perjalanan tentu jadi tertunda karena pengguna sepeda motor harus mencari tukang tambal ban untuk mengatasinya.

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

Namun ada beberapa tips sederhana yang patut dilakukan, paling tidak bisa meminimalisir kerusakan, yang bisa terjadi saat sepeda motor dibawa ke bengkel tambal ban terdekat. Apa saja? Berikut seperti dilansir situs resmi Honda, Selasa 19 September 2017:

1. Periksa ban

Viral Bocah Laki-laki Sebar Paku di Jalanan Depok, Aksinya Meresahkan Warga

Jika ban sepeda motor yang Anda kendarai tiba-tiba bocor, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa ban tersebut untuk memastikan apakah bocornya disebabkan karena terkena paku, atau benda-benda tajam lainnya.

Apabila bocor memang karena terkena paku atau benda-benda tajam lainnya, sebaiknya cabutlah terlebih dulu. Sebab jika tidak, bisa akibatkan bocor di beberapa bagian, bahkan bisa saja ban tadi tak bisa digunakan lagi. 

Mudik ke Brebes, Ban Mobil Sri Mulyani Bocor Kena Paku di Tol Cikampek

Namun jika gunakan ban tubeless sebaiknya biarkan saja pakunya, dan jangan dicabut dahulu sebelum Anda sampai ke bengkel tambal ban terdekat.

2. Buka baut penahan pentil

Jika sepeda motor Anda menggunakan ban dalam, langkah kedua yang harus dilakukan sebelum dibawa ke bengkel tambal ban terdekat yaitu buka terlebih dahulu baut penahan pentilnya. Lalu masukan pentilnya ke dalam pelek. Hal ini bertujuan agar ban dalam sepeda motor tidak jebol pada bagian pentilnya.

Jika sepeda motor tadi dijalankan, maka ban luarnya akan ikut berputar, dan ban dalamnya menjadi tertarik karena perputaran tersebut, sehingga akan mengakibatkan jebol di bagian pentilnya.

3. Tuntun dengan pelan

Saat Anda membawa sepeda motor ke bengkel tambal ban terdekat sebaiknya jangan dinaiki, akan tetapi tuntun dengan pelan. Sebab jika sepeda motor tetap dinaiki, bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada ban, bahkan bisa juga mengakibatkan kerusakan pada peleknya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya