Motor 2-Tak Ternyata 'Tak Butuh' Oli Mesin, Kok Bisa?

Kawasaki Ninja 2-Tak.
Sumber :
  • www.kawasaki.com

VIVA.co.id – Oli mesin, umumnya sangat diperlukan di setiap kendaraan. Namun, rupanya untuk motor 2-tak, khususnya yang memang dioprek untuk ajang balapan, oli mesin tak terlalu penting. Lebih penting oli samping. Kok bisa?

Motul Luncurkan Oli yang Cocok dengan Karakter Mesin Kawasaki

Nah, penjelasan diberikan pemilik bengkel Teknoo Tuner HS, Bian Mohar. Menurut Bian, jika pada empat tak, oli mesin menjadi, vital karena untuk melumasi setiap komponen di ruang bakar, kopling hingga transmisi.

Namun, berbeda untuk motor 2-tak. Untuk melumasi piston dan kruck as, mesin 2-tak seperti Kawasaki Ninja, Yamaha RX-King, dan Suzuki Satria (2-tak) diperlukan oli samping, di mana oli ini berbeda fungsi dengan oli mesin.

Ini Alasan Mengapa Oli Mesin Butuh Zat Tambahan atau Aditif

Pada motor 2-tak, oli mesin hanya untuk melicinkan rasio transmisi, dan sistem kopling, karena ruang engkol dibuat terpisah.

“2-tak enggak perlu dipanasin sering-sering, dan biasanya oli mesin pakai SAE 10W/40 yang enggak terlalu encer. Karena, mesin 2-tak enggak terlalu panas, berbeda dengan 4-tak yang memanfaatkan oli mesin di ruang bakarnya,” ujarnya.

Jangan Kaget Jika Beli Oli Yamalube Kemasannya Sudah Tidak Pakai Botol

Bahkan, untuk drag race atau balap liar, semua motor racikannya saat ini menggunakan oli mesin dengan ukuran yang berbeda dari standar pabrik. Kata dia, misalnya Ninja yang harusnya 0,8 mili, ia hanya menggunakan 0,5 mili untuk oli mesin.

“Alasannya, agar tidak memberatkan kerja rumah kopling, karena semakin banyak volume oli dalam mesin, akan semakin berat perpindahan transmisi. Apalagi untuk rasio yang sudah diganti aftermarket,” terangnya. (asp)

Ilustrasi menuang oli mesin mobil

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Oli mesin yang baru dan bersih memiliki peran krusial dalam kelancaran perjalanan.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024