Tips Rawat Mesin Motor RX-King dan Ninja 2 Tak

RX King milik Hermanto usai direstorasi.
Sumber :
  • RX King Indonesia

VIVA.co.id – Bagi pencinta balap motor dua tak, tentu kondisi mesin sudah berbeda dari pabrikan. Maka tidak heran, motor drag race ini memiliki tenaga dan torsi yang lebih buas. Oleh sebab itu perawatannya perlu ekstra tidak seperti motor standar.

Yamaha Siap Hidupkan Mbahnya RX-King dengan Teknologi Modern

Bian Mohar, penggawa bengkel Tekno Tuner HS, mengatakan, mesin motor drag itu identik dengan tenaga yang besar dan kompresi sangat tinggi. Kata dia, dengan kompresi mesin yang tinggi ini lah perlu perhatian khusus dan beberapa onderdil yang harus diperiksa.

“Harus rajin-rajin mengecek paking blok silinder, seal oring radiator. Untuk mesin dua-tak tidak terlalu sering dipanaskan masih aman, berbeda dengan empat-tak. Yang paling utama motor dua-tak itu lebih memperhatikan asupan oli samping,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa 26 September 2017.

Motor Generasi Pertama Yamaha RX-King Siap Dijual Lagi, Harganya?

Motor balap memang tidak setiap hari harus menyala, oleh karena itu keadaan mesin motor harus diperhatikan. Terlebih untuk dua-tak seperti Kawasaki Ninja dan Yamaha RX-King jika dalam waktu enam bulan lebih tidak menyala, seal kruck as akan rusak.

Seal kruck as berbentuk karet yang gampang getas atau mudah rusak kalau tidak terkena oli,” katanya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Lanjut dia, penggunaan jenis oli samping juga berpengaruh, jika tidak berkualitas akan memengaruhi performa mesin. Karena kekentalan dan bahan kimia yang ada di dalam oli samping itu berperan penting dalam pelumasan piston dan kruck as saat putaran tinggi.

Yamaha RX-King 2003 Anniversary

Terpopuler Otomotif: Harga Yamaha RX-King Bekas Akhir Tahun, Vespa Mickey Mouse Hadir di RI

Berita yang membahas tentang harga Yamaha RX-King bekas akhir tahun dan Vespa Mickey Mouse hadir di RI, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2023