Mitos atau Fakta, Lupa Isi Air Bisa Bikin Aki Meledak?

Korosi pada aki mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Sama seperti yang lainnya, aki memiliki fungsi vital pada mobil. Alat ini berfungsi sebagai sumber energi listrik untuk menjalankan semua perangkat elektronik pada kendaraan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Seiring pemakaian, air aki juga bisa berkurang. Oleh karena itu penting bagi pemilik untuk memastikan air aki, bagi aki basah, dalam jumlah cukup agar perangkat elektronik bisa bekerja.

Banyak kalangan menganggap sering lupa mengisi air aki atau aki dibiarkan kosong bisa membuat aki meledak?

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Technical Advisor Quality Assurance Astra Otoparts, Sahrudin, membantah bahwa aki bisa meledak jika dibiarkan kosong atau tak terisi.

"Aki kosong tidak bisa bikin meledak," kata Sahrudin kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu, 27 September 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dia mengatakan aki bisa meledak jika ada perangkat baterai atau aki yang mengalami korsleting listrik. Di mana gas hidrogen yang keluar dari dalam aki menyambar percikan api dari akibat korsleting tersebut.

"Kalau aki kosong, cuma enggak bisa distarter saja. Maka itu, dicek sebulan sekali. Kalau level airnya sudah di bawah garis lower tambah air sampai garis upper level," ujarnya.

Kepala Bengkel Astra Internasional Daihatsu Pangeran Jayakarta, Dolf Valentino mengatakan selagi aki tersebut tidak bermasalah meski dalam kondisi kosong maka ledakan tidak akan terjadi.

"Aki enggak bermasalah kalau ditaruh di suhu ruangan yang aman," tuturnya.

Kata dia, aki berpotensi meledak jika ada cairan sejenis asam sulfat yang ada dalam aki, bereaksi dan mengeluarkan uap dari hasil reaksi tersebut. Dari uap tadi, jika tidak bisa keluar atau tidak ada saluran keluar udara bisa saja meledak.

"Karena posisinya tersumbat jadi aki bisa meledak," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya