Cara Ampuh Bikin Awet Kaca Film agar Berusia Panjang

Ilustrasi kaca film mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Saat memasang kaca film, teknisi kerap membasahi bagian dalam kaca dengan air sabun atau sampo. Cairan tersebut berfungsi menahan lem merekat pada permukaan kaca sebelum dipasang.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Menurut April, pemilik bengkel V-Two Film, apabila pemasangan dilakukan secara manual, teknisi atau orang yang memasang harus mengetahui ukuran kaca yang dipasang. "Sebetulnya keawetan kaca film dimulai dari proses pemasangan. Saat memasang benar dan tepat, Insya Allah akan awet," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Pemasangan film, kata April, bukan sekadar mengukur bidang kaca, melakukan penempelan, hingga proses pengeringan atau finishing. Sebisa mungkin saat memasang film tidak ada bagian yang terlipat, karena ini membuat film tidak menempel dengan baik. Selain itu, usahakan agar kaca tidak tergores saat melakukan pemotongan film.

Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

Bicara soal lem atau perekat pada kaca film, kata April, ini juga harus menjadi perhatian saat melakukan pemasangan. Lem dibuat sangat dekat, jika sampai ada salah pemasangan, kaca film tidak akan tahan lama.

"Perekat kaca film tergantung merek juga. Yang kaca film menengah ke bawah itu bakal bisa pudar dan risiko ngelotok dalam waktu sebentar, kalau yang bagus daya tahan lebih lama. Tapi ini pasang harus benar, kalau lemnya sudah sempat menempel tapi ukuran belum pas, baiknya diukur atau fitting ulang," kata April.

Mobil Listrik Wuling dan MG Pakai Kaca Film Berstandar ISO
Ilustrasi memasang kaca film mobil

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Kaca film merupakan salah satu elemen penting dalam menjaga kenyamanan kabin mobil. Selain meningkatkan privasi, kaca film juga berfungsi untuk menolak panas matahari, me

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024