Cara Mudah Bikin Awet Transmisi Mobil Matik

Ilustrasi mobil bertransmisi otomatis
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebagian besar pengguna mobil matik menganggap bahwa perawatan yang perlu dilakukan sedikit lebih rumit dan lebih teliti dibanding dengan mobil manual.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Bukan apa-apa, kendaraan bertransmisi otomatis umumnya memiliki banyak komponen yang berkaitan dengan elektronik, sehingga riskan rusak. Padahal jika paham dan tepat perawatannya, usia pakai kendaraan bisa lebih lama ketimbang mobil manual. 

Dilansir dari Astraworld, Senin 2 Oktober 2017, perawatan mobil jenis ini tidak begitu berbeda dengan model transmisi manual. Hanya saja, ada beberapa komponen yang butuh perhatian ekstra, salah satunya oli.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Automatic Transmission Fluid (ATF) adalah oli yang digunakan khusus untuk melumasi transmisi otomatis. Prinsip kerja hidraulis dalam rumah transmisi matik butuh ATF untuk mengatur pindah gigi dan kerja pelat kopling.

Secara umum, perawatan oli transmisi (ATF) rata-rata mencapai hingga 20 ribu kilometer. Bila pemakaian mobil matik wajar dan benar, justru akan lebih tahan lama lagi.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Untuk beberapa kasus, usia pakai ATF bisa mencapai 40 ribu kilometer. Namun, akan lebih baik apabila oli diganti sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh pabrikan mobil.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022