Dua Hal Sepele yang Bisa Bikin Mobil Terbakar

Mobil terbakar di Tol Jagorawi
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Meski tidak sering, namun peristiwa mobil terbakar terus saja terjadi. Kasus mobil terbakar yang baru-baru ini banyak disorot media adalah yang dialami pemilik mobil Honda Brio.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Peribahasa ‘tidak ada asap kalau tidak ada api’ mempunyai arti tidak ada akibat kalau tidak ada penyebabnya. Ini sangat cocok untuk mobil yang mengalami musibah kebakaran.

Mobil yang terbakar dipastikan memiliki penyebab, namun kondisinya yang sudah hangus tentu akan menyebabkan kendala pada tim investigasi untuk mendapatkan titik terang asal muasal api.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Terlepas dari hasil investigasi untuk menentukan penyebabnya, pemilik mobil wajib mengetahui penyebab yang dapat menimbulkan kebakaran pada mobil kesayangannya.

Dilansir dari Astraworld, Rabu 4 Oktober 2017, ada dua hal yang sepele bisa memicu munculnya api dari dalam kabin mobil.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Yang pertama yakni kebiasaan meletakkan alat elektronik di atas dasbor, seperti powerbank dan korek api. Saat matahari sedang bersinar terik dan mobil di parkir di luar ruangan, suhu panas bisa membuat alat elektronik meledak.

Jika memang harus dibawa untuk menunjang mobilitas yang tinggi, simpanlah pada tempat yang aman dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Kebiasaan kedua adalah mengecas ponsel dengan menggunakan charger yang kualitasnya kurang baik. Biasanya, charger murah tidak didesain sempurna, sehingga ukurannya terkadang tidak sesuai dengan colokan.

Akibatnya, charger hanya masuk setengah. Jika dibiarkan, hal ini bisa menimbulkan panas berlebih, akibat hubungan arus listrik yang tidak sempurna. Terutama saat kunci kontak diputar untuk menghidupkan mesin. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya