Usir Bau Mengganggu di Mobil dengan Bahan-bahan Dapur

Ilustrasi apel dan kayu manis
Sumber :
  • Pixabay/Santarina81

VIVA.co.id – Berkendara dengan nyaman menggunakan mobil bisa didapatkan jika kondisi kabin mobil dalam keadaan bersih dan bebas bau tidak enak.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun, banyak kejadian di mana pengemudi dan penumpang membawa barang atau makanan yang baunya menyengat. Belum lagi jika ada makanan atau minuman yang tumpah dan mengotori karpet.

Meski bekas makanan atau minumannya bisa dibersihkan, namun terkadang baunya masih tetap ada. Hal ini tentu akan sangat mengganggu, terutama jika perjalanan dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Untuk mengusir bau tidak enak dari kabin, umumnya pemilik membawa mobil ke salon untuk dibersihkan dengan bahan kimia.

Padahal, ada cara sederhana yang bisa diterapkan sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan juga dijamin tidak berbahaya, karena berasal dari bahan yang biasa ada di dapur.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dilansir dari laman resmi Daihatsu, Jumat 6 Oktober 2017, bahan dapur yang umum dipakai untuk mengusir bau adalah bubuk kopi. Sebarkan bubuk kopi kering di bawah karpet dan jok. Biarkan satu malam, lalu bersihkan dengan penyedot debu.

Selain kopi, bahan lain yang juga ampuh mengusir bau yakni bubuk kayu manis. Bubuk ini biasa dipakai untuk menghilangkan aroma asap rokok. Campurkan seperempat gelas bubuk kayu manis dengan setengah gelas cuka apel, lalu letakkan di kabin.

Jika kurang suka dengan aroma kayu manis, mungkin Anda bisa mencoba daun pandan. Cukup potong memanjang lalu sebar di kabin.

Beberapa bahan lainnya yang bisa Anda pakai untuk membuat kabin bebas aroma tidak sedap yakni bubuk vanila, cuka dan baking soda. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya