10 Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas, Anda Wajib Tahu

Kondisi mobil Suzuki Ertiga yang terlibat kecelakaan maut di ruas Tol Palikanci Cirebon, Sabtu (2/9/2017).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Erfan Septyawan

VIVA.co.id –  Kecelakaan lalu lintas masih banyak terjadi di jalanan di berbagai wilayah Indonesia. Tak hanya sekadar korban luka, kecelakaan lalu lintas pun berisiko mengakibatkan korban meninggal dunia.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Kepala Seksi Kemitraan Sub Direktorat Pendidikan Masyarakat Direktorat Keamanan dan Keselamatan Korp Lalu Lintas Polri AKBP Aldo Siahaan mengatakan, di Indonesia dalam satu jam setidaknya ada tiga kali kecelakaan lalu lintas.

"Di Indonesia tiga orang meninggal dalam satu jam karena kecelakaan lalu lintas. Bisa dihitung kan kalau per hari berapa, Kemudian per minggu, lalu satu bulan berapa," kata Aldo.

Cara Honda Bikin Pengguna Sepeda Motor Aman di Jalan

Dikatakan Aldo, penyebab kecelakaan di jalan raya di Indonesia pun beragam. Aldo merangkum 10 hal yang kerap menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya, utamanya saat sedang berkendara dengan kendaraan bermotor, seperti berikut:

1. Tidak fokus

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Pengemudi yang tidak fokus saat berkendara menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas. Contohnya berkendara telepon, SMS, atau sembari makan dan minum.

2. Ngebut

Saat berkendara terlalu cepat alias ngebut, pengemudi akan sulit akan sulit bereaksi secara cepat dan tepat saat terjadi hal darurat.

3. Berpindah-pindah lajur

Jalan raya sudah dilengkapi dengan berbagai marka dan rambu untuk membantu pengendara. Jika ini tidak diperhatikan, termasuk pindah-pindah lajur, maka kecelakaan bukan hal sulit terjadi.

4. Terobos lampu merah

Meski terlihat sepele, menerobos lampu merah akan membahayakan, bukan hanya diri sendiri tetapi juga pengguna jalan lain.

5. Pengemudi remaja

Remaja umumnya memiliki tingkat emosi yang masih labil. Parahnya ini juga terjadi ketika mereka berkendara.

Selanjutnya...

6. Melawan arus

Melawan arus kerap dilakukan pengendara, khususnya sepeda motor. Padahal ini menimbulkan kerugian mulai dari kemacetan hingga bisa sebabkan kecelakaan.

7. Berbelok tanpa melihat kondisi jalan

Saat berbelok, sudah menjadi kewajiban pengemudi untuk memberi tanda dengan lampu sein kepada pengemudi lain. Jika ini tidak dilakukan, risiko kecelakaan lalu lintas harus siap dihadapi.

8. Di bawah pengaruh alkohol

Berkendara di bawah pengaruh alkohol sangat berbahaya lantaran membuat pengendara susah fokus dan sulit untuk mengontrol laju kendaraannya.

9. Balap liar

Balap jalanan alias balap liar juga menjadi salah satu sebab terjadi kecelakaan, kegiatan ilegal ini bahkan memiliki risiko membunuh pengemudi atau bahkan pengguna jalan lainnya yang tak bersalah.

10. Modifikasi kendaraan

Melakukan ubahan atau modifikasi yang tidak sesuai aturan jelas berpotensi membuat kerja kendaraan tak sesuai fungsinya. Jika sudah begini, risiko terjadi kecelakaan maka akan meningkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya