Jangan Pakai Jaket Kancing buat Naik Motor, Tapi Resleting

Jaket kulit untuk naik motor.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id – Selain helm, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu sebagai pelindung tubuh pengendara. Jaket adalah salah satu perlengkapan berkendara yang wajib digunakan sebagai proteksi diri ketika berkendara.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Direktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, pemilihan jaket juga harus diketahui oleh setiap pengendara sepeda motor. Menurut dia, jaket yang ideal umumnya berbahan kulit. "Idealnya kan pakai kulit. Tapi kan enggak mungkin, ribet, panas, jadi minimal Anda memakai jaket berbahan denim atau yang terbuat dari jeans," kata Jusri kepada VIVA.co.id di Jakarta, Jumat 13 Oktober 2017.

Namun menurut dia, jaket berbahan jeans atau denim juga sudah cukup melindungi tubuh saat terjadi gesekan akibat jatuh. "Bahan jeans itu cukup lah dan mengurangi risiko abrasi pada kulit kita pada saat jatuh," ujarnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Model jaket pun juga harus diperhatikan. Untuk memudahkan pengendara, sebaiknya menggunakan dengan model resleting. Jaket berbahan kancing, bisa menjadi celah bagi gangguan kesehatan.

"Sebaiknya jaket yang dipakai sehari-hari tidak terlalu panas, tetapi kalau dipakai dua fungsi panas dan hujan. Mau enggak mau ya panas. Kalau antihujan tolong dibuat ventilator ketika panas, ventilator yang pakai resleting ketika panas dibuka ketika hujan ditutup," kata dia. (hd)

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022