Oli Gardan Bikin Shockbreaker Empuk, Mitos atau Fakta?

Shockbreaker.
Sumber :
  • Mashar2000

VIVA.co.id – Selain mesin, komponen lain pada sepeda motor yang juga butuh diganti pelumasnya yakni peredam kejut atau shockbreaker.

Ini Risiko yang Harus Dihadapi Jika Oli Gardan Motor Matik Tak Diganti

Perawatan shockbreaker terbilang sangat penting, karena gunanya untuk meredam guncangan. Bahkan, tidak sedikit pemilik motor yang mengganti oli shockbreaker dengan oli jenis lain agar lebih empuk saat digunakan.

Menurut Kepala Mekanik dari Bengkel Sunda Jaya Motor Kayu Jati, Jakarta Timur, Ardhani, masih banyak pengguna motor mengganti oli shockbreaker dengan oli gardan mobil, dengan tujuan agar suspensi lebih empuk.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Memang ada keuntungannya suspensi pakai oli gardan, empuk, lumayan stabil dan enak dipakai," kata dia kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 17 Oktober 2017.

Namun, kata dia, penggunaan oli gardan untuk shockbreaker tak disarankan. Karena, akan mengakibatkan kebocoran dan baret pada dinding as shockbreaker. Sebab, oli yang digunakan tak sesuai dengan fungsinya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Jangan pakai oli gardan untuk shockbreaker, nanti dinding as jadi baret dan bocor. Memang sih empuk, tapi enggak disarankan, karena bisa buat as shockbreaker bocor," ujarnya.

Dia menyarankan agar oli shockbreaker diganti dengan oli khusus suspensi. Penggantiannya dilakukan secara berkala setiap 10 ribu kilometer, dengan biaya sekitar Rp40 ribu.

"Oli shockbreaker sekitar Rp20 ribu, belum sama jasanya. Sekitar Rp40 ribu, ganti oli sama jasanya. Saat ganti oli shockbreaker juga dicek, dideteksi ada kebocoran apa enggak," kata dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya